Zoom Akuisisi Start-up Keybase Demi Keamanan

May 08, 2020, 05:05 PM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Sumber: Zoom

Zoom Video Communications Inc., resmi mengakuisisi perusaan penyedia layanan keamanan, kriptografi, dan privasi bernama Keybase, sebagai upaya penguatan keamanan aplikasi yang sempat diragukan beberapa waktu lalu.

Eric S. Yuan, CEO Zoom, mengatakan akuisisi ini akan mempercepat rencana Zoom untuk membangun enkripsi end-to-end yang dapat membantu skalabilitas Zoom saat ini.

“Inilah yang Zoom rencanakan, memberikan keamanan bagi pengguna kami, kemudahan penggunaan, dan skala secara bersamaan,” kata Eric dalam keterangan resmi kepada TrenAsia.co di Jakarta, Jumat, 8 Mei 2020.

Eric menyebut tidak ada platform yang memiliki kemampuan super dalam konteks komunikasi. Dia menyebut ada platform komunikasi terenkripsi end-to-end, komunikasi dengan keamanan yang mudah digunakan, dan komunikasi dengan skala perusahaan.

“Keybase menghadirkan keahlian enkripsi dan keamanan yang mendalam ke Zoom, dan kami senang menyambut Max dan timnya. Para ahli di Keybase ini secara signifikan memajukan rencana 90 hari kami untuk meningkatkan upaya keamanan kami,” ujarnya.

Sementara itu, Pendiri dan Pengembang Keybase, Max Khron menyambut baik akuisisi ini. Max berujar bahwa bergabung bersama Zoom merupakan suatu kehormatan untuk dapat berkontribusi dalam bentuk keahlian enkripsinya ke platform yang digunakan oleh ratusan juta pengguna dalam sehari.

“Tim kami bersemangat tentang keamanan dan privasi, ini suatu kehormatan,” sebut Max.

Setelah resmi menjadi anggota pengembang keamanan untuk Zoom, tim Keybase akan memberikan kontribusi penting bagi rencana 90 hari Zoom. Dengan secara proaktif mengidentifikasi, mengatasi, dan meningkatkan kemampuan keamanan dan privasi platformnya.

Max Krohn akan memimpin tim pakar keamanan Zoom, melaporkan langsung ke Eric Yuan. Kedua pemimpin dari Zoom dan Keybase akan bekerja bersama intensif untuk menentukan masa depan produk Keybase.

Namun, kedua belah pihak perusahaan tidak menjelaskan lebih rinci tentang ketentuan transaksi dari aksi akuisisi tersebut. Zoom yang didirikan pada 2011 itu berkantor pusat di San Jose, California, AS. (SKO)

Berita Terkait