Yuk, Saksikan Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020 secara Daring

JAKARTA – Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020 tengah digelar selama enam hari, pada 21-26 September 2020, dan dapat dinikmati secara daring.

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 Mulanira 2 dibuka pada Senin, 21 September 2020, di Museum Sonobudoyo.

Bila tahun sebelumnya pembukaan diiringi pawai kesenian dan budaya dari sejumlah kontingen kabupaten/kota, tahun ini tidak ada pawai.

Pembukaan dapat disaksikan via daring, di situs www.fkymulanira.com dan ditayangkan ulang melalui FKY TV.

MULANIRA2 menjadi tema besar Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 dengan judul Akar Hening di Tengah Bising.

#MULANIRA2 menjadi lanjutan tema FKY 2019 #MULANIRA yang selaras dengan tujuan FKY untuk mengenalkan beragam kebudayaan di Yogyakarta.

Mulanira adalah bahasa Jawa kuno yang berarti wiwitan atau pada mulanya.

Rincian Acara FKY 2020

PROGRAM PAMERAN SENI RUPA

FKY 2020 menghadirkan Pameran Seni Rupa ‘Akar Hening di Tengah Bising’ di Kompleks Museum Sonobudoyo pada 21–26 September 2020 pukul 10.00-18.00 WIB.

Pameran ini menghadirkan 33 seniman dengan ragam sebaran medium mulai dari lukisan, patung, instalasi, fotografi, audio visual, dan performance yang ditampilkan dengan format kunjungan langsung.

Adapun, kunjungan virtual dapat dilakukan melalui website www.fkymulanira.com.

PROGRAM PERTUNJUKAN

Program-program interaktif berupa talkshow, penayangan program highlight pelaksanaan FKY 2020 dan kesenian kontingen baik dari kabupaten/kota turut dihadirkan juga dalam FKY Mulanira 2.

Selain itu, juga dibahas potensi usaha perkebunan Teh (Kab. Kulon Progo), potensi usaha tanaman hias (Kota Yogyakarta), Seni batik (Kab. Sleman) dan Ketahanan pangan dengan bahan baku lokal (Kab. Gunung Kidul).

Program pertunjukan ditayangkan pada 21-26 September 2020, setiap pukul 19.30-20.30 WIB di Jogja TV.

RADIO FKY

FKY juga menghadirkan RADIO FKY pada 21-26 September 2020. Siaran langsung pertunjukan harian berbasis suara dan streaming dari Citraweb yang akan disiarkan virtual melalui www.fkymulanira.com dan IG @infofky.

Radio FKY juga akan disiarkan dari Radio Geronimo 106.1FM, Radio Swaragama 101.7FM, Radio Jogja Family 100.9FM, Radio GCD 98.6FM, dan Radio Retjo Buntung 99.4FM.

SAYEMBARA KETOPRAK TOBONG KELANA BHAKTI BUDAYA

Khusus di Radio Retjo Buntung 99.4FM, FKY 2020 menghadirkan Sayembara Ketoprak oleh Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya dengan judul ‘Sumilaking Pedhut’.

Akan disiarkan DocuSeries seputar Ketoprak Tobong dengan cerita-cerita di balik pembuatan dan proses adaptif mereka dalam alih media dari pertunjukan ketoprak ke sandiwara radio.

Program ini ditayangkan melalui www.fkymulanira.com.

KONFERENSI PERTUNJUKAN DAN TEATER INDONESIA

FKY 2020 turut mendukung penyelenggaraan Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia 2020 yang berlangsung pada 23 September 2020 via zoom.

Konferensi ini menampilkan 14 penelitian, baik dari kalangan akademisi di pendidikan seni maupun non-seni, praktisi, peneliti independen dan kurator.

PERTUNJUKAN ORKES MUSIK KERONCONG SINTEN REMEN feat ENDAH LARAS

Acara ini akan ditayangkan dari Gedung Layang-layang, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), pada 24 September 2020.

Mengangkat judul Ora Obah Ora Mamah, pertunjukan musik ini bisa disaksikan secara virtual melalui www.fkymulanira.com.

KOMPETISI SENI MULANIRA #2

Program Kompetisi Mulanira meliputi lima bidang kompetisi, yaitu Tari Kreasi Mulanira, Mulanira Photo Challenge, Kompetisi Cerpen Mulanira, Dhagelan Basa Jawa, dan Hand Lettering Aksara Jawa.

Program ini berlangsung pada 25 Agustus hingga 26 September 2020.

PASAR FKY 2020

Sebagai wujud dalam mengapresiasi pelaku ekonomi kreatif dan kuliner, FKY 2020 memfasilitasi dengan menghadirkan Direktori Pasar Kuliner, Pasar Kreatif, dan Oleh-oleh FKY yang bisa diakses di laman www.fkymulanira.com.

Tags:
festival kebudayaanfestival kebudayaan yogyakartafestival yogyakartaFKY 2020museum sonobudoyoyogyakarta
%d blogger menyukai ini: