Yuk, Intip Keuntungan Asuransi Kendaraan!

JAKARTA – Di banyak kota besar, kendaraan bermotor telah menjadi bagian dari gaya hidup. Meskipun tidak dapat dipungkiri jika risikonya besar dan biaya operasionalnya terbilang mahal.

Terlebih jika pengguna tinggal di daerah yang rawan banjir seperti Jakarta dan sekitarnya, kebutuhan akan asuransi kendaraan menjadi lebih mendesak.

Menurut Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang, “Kerugian transaksi atau perputaran uang diperkirakan mencapai triliunan Rupiah.”

Seperti disebut dari berbagai sumber, sektor usaha transportasi online mengalami penurunan omzet hingga 70 persen. Menurut perhitungan Sarman, jumlah taksi online di Jabodetabek mencapai 36.000 kendaraan, jika omzet menurun rata-rata Rp100 ribu maka kerugian transaksi mencapai Rp3,6 miliar.

“Sementara itu, jumlah ojek online di Jabodetabek mencapai 1,25 juta. Jika rata-rata omzet mengalami penurunan Rp25 ribu maka kerugian bisa mencapai Rp31,25 miliar,” katanya dilansir dari Carmudi (19/01).

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengasuransikan kendaraannya. Ada beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan seperti dikutip dari Finansialku (19/01).

Banyak Keuntungan

Pertama, salah satu alasan penting asuransi kesehatan adalah sesuai dengan tujuan utamanya, yakni melindungi aset yang berupa kendaraan.

Risiko yang dapat dilindungi oleh pihak asuransi adalah perbuatan kriminal seperti pencurian, kebakaran, tersambar petir, kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas, kerusakan yang terjadi pada saat menyebrang menggunakan kapal, rusak akibat kerusuhan massa, dan bencana alam seperti banjir yang baru saja terjadi di Jakarta.

Kedua, tidak hanya bisa membayar premi untuk kendaraan, layanan ini juga tersedia paket perluasan jaminan. Sesuai namanya, perluasan ini menjamin kerugian akibat kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan terhadap pengemudi kendaraan.

Ketiga, asuransi kendaraan dapat pula memberikan bantuan pada saat kendaraan berada dalam kondisi darurat. Salah satu fasilitas asuransi kendaraan adalah memberikan bantuan pada saat mogok mesin atau pecah ban.

Tidak hanya itu, jika memang suatu kondisi membutuhkan pengendara mendapatkan pertolongan medis, beberapa asuransi menyediakan layanan ambulans yang dapat langsung datang ke lokasi kejadian.

Tags:
AsuransiAsuransi kendaraanbanjir jakarta 2020HeadlinePremi asuransi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: