Yili Group Bangun Pabrik Es Krim Terbesar di Indonesia Senilai Rp2 Triliun

20 Desember 2021 15:31 WIB

Penulis: Mutia Yuantisya

Editor: Laila Ramdhini

Resmikan Fasilitas Produksi Es Krim Terbesar, Yili Group Berharap Tingkatkan Perekonomian Indonesia (PT Yili Indonesia Dairy)

JAKARTA – Yili Group melalui anak usahanya PT Yili Indonesia Dairy telah membuka pabrik es krim terbesar di Indonesia seluas 10 hektare di Bekasi. Pada pembangunan pabrik fase pertama ini Yili menggelontorkan anggaran sebesar Rp2 triliun.

Presiden Direktur PT Yili Indonesia Dairy Yu Miao menjelaskan pabrik ini akan memproduksi es krim dengan merk Joyday sebanyak 159 ton per hari. Selanjutnya, kapasitas produksi pabrik akan meningkat hingga 4 juta buah es krim per hari setelah investasi tahap kedua.

"Yili Group berencana melakukan ekspor produk dari pabrik Indonesia ke negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Singapura, Thailand, dan Myanmar," kata Yu Miao, dalam keterangan resmi, Senin, 20 Desember 2021.

Saat ini, pabrik PT Yili Indonesia Dairy memproduksi 35 varian rasa es krim Joyday dengan lini distribusi yang tersebar di 260 kabupaten atau kota di 26 provinsi di Indonesia.

Yu Miao menyampaikan, ke depannya, produsen olahan susu asal China ini akan terus meningkatkan inovasi produk, serta menciptakan lebih banyak lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat Indonesia.

Gandeng UMKM

Dengan berdirinya pabrik di Indonesia, Yili menandatangani perjanjian kerja sama dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal yang difasilitasi secara langsung oleh Kementerian Investasi/BKPM.

Yu Miao menyampaikan  kerja sama dengan UMKM Indonesia telah menjadi rencana perusahaan sejak awal investasi di Indonesia, yaitu pada 2018.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menghasilkan produk olahan susu terbaik, tentunya kami senang dapat bekerja sama dengan UMKM lokal Indonesia,” ujar dia.

Dalam kerja sama ini, UMKM akan memasok bahan baku dan sarana pendukung operasional pabrik PT Yili Indonesia Dairy. Dengan demikian, kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan tugas yang diberikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang ketika meresmikan pabrik es krim PT Yili Indonesia Dairy pada Jumat, 10 Desember 2021,” kata dia.

Kegiatan penandatangan kerja sama dilakukan bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai bagian dari acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemitraan antara Perusahaan PMA/PMDN dengan UMKM yang berlangsung di The Mulia Resort Bali.

Berita Terkait