XL Axiata (EXCL) Akuisisi 66 Persen Saham Link Net dari Grup Lippo

31 Juli 2021 11:17 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

XL Axiata Tower / Dok. PT XL Axiata Tbk (EXCL)

JAKARTA – Axiata Group Berhad melalui entitas usahanya, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengakuisisi PT Link Net Tbk (LINK). Emiten telekomunikasi tersebut akan mengambilalih 66,03% saham dari pemegang saham sebelumnya, termasuk Grup Lippo.

Berdasarkan surat yang ditujukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per 30 Juli 2021, XL Axiata mengaku telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi 1.816.735.484 saham atau setara dengan 66,03% saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd. 

“Para pihak telah menandatangani term sheet yang belum mengikat untuk mengambil alih sebanyak 1.816.735.484 saham yang mewakili sekitar 66,03 persen dari jumlah modal disetor dan ditempatkan dalam PT Link Net Tbk,” tulis manajeman XL Axiata.

Struktur transaksi akan disepakati oleh para pihak dari waktu ke waktu dan akan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian Jual Beli (PJB). Apabila PJB telah ditandatangani, maka perseroan akan menjadi pengendali baru Link Net dan akan melaksanakan penawaran tender wajib.

“Negosiasi dilakukan secara langsung antara pembeli dan penjual. Para pembeli dan para penjual dalam hal ini berencana untuk menandatangani perjanjian definitif,” tambahnya.

Adapun tujuan akuisisi tersebut adalah untuk pengembangan usaha dan memperluas jaringan usaha serta untuk memperkuat bisnis perseroan pada bidang penyedia jasa telekomunikasi kepada para pelanggannya.

Berita Terkait