XL Axiata Akan Suntik Mati Jaringan 3G Tahun Ini

05 Agustus 2022 08:00 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ananda Astri Dianka

Suasana pelayanan pelanggan di counter XL Xplor Axiata Tower, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

XL Axiata memastikan akan mematikan layanan jaringan 3G. Penghentikan jaringan 3G dilakukan secara bertahap di mulai tahun ini.

Saat ini kebutuhan masyarakat mengakses internet semakin meningkat. Diharapkan dengan penyuntik matian jaringan 3G, frekuensi 3G bisa dialihkan sehingga kapasitas jaringan 4G dapat lebih dimaksimalkan lagi.

XL Axiata sendiri memiliki lebar pita 5 MHz di frekuensi 2.100 MHz untuk menggelar 3G. Dan untuk migrasi jaringan dari 3G ke 4G juga membutuhkan infrastruktur yang mencukupi dan harus dipastikan ada.

Untuk diketahui, suntik mati jatingan 3G sendiri bukan hanya dilakukan oleh XL Axiata, tapi juga operator lain termasuk juga Telkomsel, Indosat. Hal itu merespons permintaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Belum lama ini, Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan hendak menjadikan 4G sebagai "tulang punggung komunikasi nasional". Kominfo pun mengalokasikan lima frekuensi seluler yang bisa digunakan oleh pihak operator. Adapun kelima frekuensi yang dialokasikan diantaranya 800MHz, 900MHz, 1800MHz, 2,1GHz dan 2,3GHz.

Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait