Wuih, RansVerse Milik Raffi Ahmad Tawarkan Manasik Haji di Metaverse!

05 Agustus 2022 15:04 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Ananda Astri Dianka

RansVerse dan Kaabaverse bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman umrah dan haji di metaverse. (Kaabaverse)

JAKARTA - Perusahaan rintisan (start up) blockchain PT Sotta Teknologi Indonesia (VCGamers) melalui RansVerse bekerja sama dengan Kaabaverse untuk menghadirkan simulasi ibadah umrah dan haji di realitas virtual metaverse.

Sinergi yang dijalin antara RansVerse dan Kaabaverse ini disebut-sebut sebagai proyek pertama di Indonesia yang memberikan pengalaman dan informasi terkait umrah dan manasik haji bagi umat Islam melalui teknologi Web3 atau internet generasi ketiga.

Co-founder dan Chief Executive Officer (CEO) Gerryadi Agusta mengungkapkan, kolaborasi ini diharapkan bisa memotivasi umat Islam untuk melaksanakan ibadah haji secara langsung.

"Semoga metode ini dapat menjadi sebuah game changing, bagaimana kita bisa belajar agama Islam dengan cara yang menyenangkan dan inovatif. Kami yakin RansVerse adalah salah satu mitra terbaik agar niat baik ini dapat dirasakan seluruh umat Muslim di dunia," ujar Gerryadi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 5 Agustus 2022.

Sementara itu, Co-founder & Chairman VCGamers Wafa Taftazani mengatakan bahwa pihaknya menyambut positif kerja sama yang didasari oleh niat baik untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung dalam kegiatan edukasi.

"Kerja sama dengan Kaabaverse, yang menyajikan pengalaman umrah dan haji berupa manasik virtual, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri untuk VCGamers," tutur Wafa.

Wafa menambahkan, kerja sama ini menunjukkan bahwa perkembangan dunia blockchain tidak hanya mendukung pertumbuhan dan perkembangan aspek teknologi, sosial, dan ekonomi saja, melainkan juga sisi spiritual.

Sebagai informasi, Kaabaverse adalah perusahaan asal Indonesia yang fokus di bisnis teknologi metaverse. Kaabaverse berencana untuk membangun struktur 3D model Ka'bah di atas tanah virtual yang dapat dikunjungi secara maya.

Ka'bah ini tentunya hanya digunakan sebagai media pembelajaran dan tidak bisa digunakan untuk ritual ibadah sungguhan.

Sementara itu, RansVerse adalah proyek metaverse yang dirancang melalui kolaborasi VCGamers, PT RANS Entertainment, PT Citra Wahana Teknologi (Shinta VR), dan Upbanx.

RansVerse adalah proyek metaverse pertama di Indonesia yang didukung oleh teknologi blockchain. Aktivitas di dalam metaverse ini didukung oleh aset kripto $VCG token yang berfungsi sebagai alat transaksi. 

Berita Terkait