Wow! Dalam Setahun Pengguna Dompet Digital DANA Melonjak 50 Persen

25 Maret 2021 08:02 WIB

Penulis: Dewi Aminatuz Zuhriyah

Ilustrasi #SemingguJadiSultan Dompet Digital DANA / Dok. DANA

JAKARTA – Jumlah pengguna platform dompet digital DANA yang dikembangkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe melonjak sebanyak 50% dalam satu tahun terakhir.

CEO dan Co-Founder PT Espay Debit Indonesia Koe Vince Iswara mengatakan, sebelum pandemi, jumlah pengguna masih berkisar 40 juta orang. Kemudian pada Desember 2020 naik menjadi 50 juta dan per Maret 2021, melonjak menjadi 60 juta. Ini berarti dalam satu tahun terakhir (year-on-year/yoy) terjadi pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 50%.

“Pencapaian 60 juta pengguna dalam waktu singkat ini merupakan wujud tingginya kepercayaan masyarakat terhadap aplikasi DANA yang menghadirkan kunggulan teknologi  yang mudah, aman dan nyaman serta menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat sehari-hari,” ujar Vince dalam keterangan resmi, Rabu 24 Maret 2021.

Menurutnya, pencapaian tersebut juga mengindikasikan budaya digital semakin luas dan menjangkau hampir di semua lini kehidupan. Apalagi, pesatnya perkembangan teknologi yang ditunjang perluasan jaringan komunikasi data hingga ke pelosok daerah serta tuntutan untuk beradaptasi di masa pandemi, menjadi alasan kian lekatnya teknologi digital dalam keseharian masyarakat.

Vince menegaskan, selain teknologi yang ramah dan mudah digunakan, serta terbuka untuk kolaborasi maupun sinergi, kunci kesuksesan DANA juga terletak pada aspek keamanan. Sejak awal, keamanan selalu menjadi prioritas dan DANA terus mengembangkan sistem keamanannya, mulai dari menerapkan verifikasi wajah untuk login, sertifikasi PCI-DSS, ISO 27001:2013 dan banyak lagi.

Adapun, DANA pertama hadir dengan mengusung tiga kapabiltas mendasar yaitu Kirim Uang, Isi Ulang Pulsa, dan Kode Referral.

Dalam tiga tahun eksistensinya, DANA telah berhasil mengembangkan ratusan  fitur yang dapat berfungsi memudahkan penggunanya bertransaksi nontunai secara digital dengan mudah, aman dan nyaman. Tak hanya pengguna individu, DANA juga mengembangkan kapabilitas DANA Bisnis yang mampu menjadi akselerator bagi ekosistemnya, termasuk UMKM, untuk go digital dengan mudah.

Dari keseluruhan fitur yang dikembangkan hingga saat ini, lima fitur ini adalah yang paling sering digunakan, yaitu QRIS, pembayaran untuk online merchants, kirim uang, pembayaran tagihan, dan DANA Bisnis. (SKO)

Berita Terkait