Wow! Amar Bank Integrasikan Layanan Digital Banking dan Lending Sekaligus

26 Agustus 2021 04:17 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Sukirno

Aplikasi Senyumku Amar Bank/ Amar Bank

JAKARTA – PT Amar Bank Indonesia Tbk (AMAR) meningkatkan layanan keuangan digitalnya pada tahun ini. Emiten bersandi AMAR ini akan mengintegrasikan layanan digital banking-nya SenyumKu dengan digital lending TunaiKu.

Executive Vice President Banking Amar Bank David Wirawan mengatakan integrasi ini akan memperkuat fungsi intermediasi perseroan. “Integrasi seamless antara SenyumKu dan TunaiKu ini kami lakukan agar mempermudah nasabah SenyumKu mendapat pendanaan di Tunaiku,” ucap David dalam paparan virtual, Rabu, 25 Agustus 2021.

Selain integrasi, bank yang fokus pada mobile only bank ini juga memperkuat infrastruktur digital dari Senyumku. David mengungkap sejumlah fitur unggulan baru ini bertujuan untuk mempermudah perencanaan keuangan.

Fitur pertama bernama saving insight yang bisa memberikan saran-saran perencanaan keuangan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Lalu, ada fitur pencatatan dan alokasi keuangan bernama Catatan serta Celengan.

“Berbasis AI, Senyumku membantu masyarakat membantu saving habit dan Tunaiku untuk membantu kebutuhan pendanaan nasabah,” jelas David.

Dalam waktu dekat, Amar Bank bakal merambah layanan pembayaran melalui Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Fitur itu, kata David, vital seiring pola konsumsi konsumen yang semakin beralih ke non-tunai.

Sementara itu, Head of Technology Amar Bank Kevin Kane mengatakan inovasi fitur lain bakal diluncurkan perseroan untuk mendukung integrasi layanan Senyumku dan Tunaiku.

“Proses digitalisasi di Amar Bank menitikberatkan pada bisnis secara digital. Produk dan fitur yang diluncurkan untuk meningkatkan performance integrasi layanan digital kita,” ucap Kevin dalam kesempatan yang sama.

Manuver digital yang semakin gencar dilakukan oleh Amar Bank berimplikasi positif terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan laporan keuangan perseroan, Amar Bank meraup laba bersih Rp2 miliar atau tumbuh 25,3% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter to quarter/qtq).

Laba itu diraih berkat adanya peningkatan 7,5% qtq dari pos pendapatan menjadi Rp134,5 miliar. Hal ini ditopang dari pendapatan bunga bersih sebesar Rp87,1 miliar atau naik 6,9% qtq.

Berita Terkait