Wow! 300 UMKM Raup Untung hingga Rp1,2 Miliar Berkat MotoGP Mandalika

20 Maret 2022 19:04 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Wow! 300 UMKM Raup Untung hingga Rp1,2 Miliar Berkat MotoGP Mandalika/ Foto: Pertamina.com (Pertamina.com)

JAKARTA - Ada 300 pelaku usaha kecil, mikro, mengengah (UMKM) yang mengalami peningkatan pendapatan hingga Rp1,2 miliar karena adanya pagelaran MotoGP 2022 di Mandalika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dampak positif lainnya dari MotoGP Mandalika berhasil menciptakan sebanyak 35 ribu hingga 50 ribu lapangan kerja baru.

"Kami mengumpulkan data langsung di airport, ada 300 UMKM yang ikut mengalami peningkatakan pendapatan. Hal ini tentunya menjadi catatan menarik di awal gelaran MotoGP Mandalika," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Jumat, 18 Maret 2022.

Sandiaga melanjutkan, sebagai upaya mendukung UMKM tersebut, Kemenparekraf menyediakan booth Pertamina pada event MotoGP Mandalika dalam rangka mempromosikan produk parekraf di 10 UMKM binaan.

Upaya lain yang dilakukan Kemenparekraf berupa pengadaan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika yang berlokasi di terminal kedatangan Bizam area selasar dengan jumlah peserta 300 subsektor fesye, kuliner, dan kriya.

Kemudian, Kemenparekraf juga mendukung promosi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 dengan menggelar side event. Di antaranya festival makanan yang melibatkan pelaku UMKM di Pantai Kuta Mandalika.

 

Berita Terkait