Wisata Minat Khusus (Serial 1): Lanskap Pasar dan Pemain Global

22 September 2022 21:15 WIB

Penulis: Yosi Winosa

Editor: Yosi Winosa

Desa Wisata Sungai Batang terletak di sekitar Danau Maninjau dan memiliki konsep wisata alam dan budaya. / Dok. Kemenparekraf (Kemenparekraf.go.id)

JAKARTA -Wisata minat khusus atau special interest tourism (SIT) semakin digemari oleh masyarakat. Data FutureMarketInights (FMI) menunjukkan pasar wisata minat khusus secara global diperkirakan mencapai US$3,49 triliun setara Rp52,4 kuadriliun (kurs Rp15.016) pada tahun 2022, mewakili 10-15% dari pasar wisata global.

Pasar wisata minat khusus juga ditaksir mencapai US$26,9 triliun setara Rp403,15 kuadriliun pada 2032 atau tumbuh rerata (CAGR) 22,7% dalam 10 tahun ke depan. Pertumbuhan ini mengingat wisata minat khusus semakin populer, terutama di kalangan baby boomer dan milenial. 

Segmen ini memilih untuk melakukan perjalanan ke lokasi yang berbeda dan khusus untuk memecahkan monoton jadwal harian dan untuk relaksasi. Pergeseran preferensi masyarakat perihal perjalanan dan penginapan juga menyebabkan munculnya tren baru yang mengubah sektor pariwisata dan perhotelan.

Aktivitas dan Tujuan Wisata Minat Khusus

Ada beragam aktivitas dalam wisata minta khusus, mulai dari berbasis lingkungan (ecotourism, nature-based tourism dan wildlife tourism), petualangan (backpacking, mountaineering, whitewater rafting, dan cycling), olah raga (golf, tennis, sailing, soccer, cycling, kayaking dan scuba diving). 

Adapun dari tujuannya, wisata minat khusus terbagi dalam activity, educational, discovery, hobbies, challenge, relaxation, health & therapy dan day tours.

Wisata Petualangan dan Lingkungan Tumbuh Pesat

Wisata petualangan adalah ceruk yang tumbuh paling cepat di industri ini. Wisata petualangan mendukung ekonomi lokal, menarik wisatawan bernilai tinggi dan mendorong praktik berkelanjutan.

“Wisatawan petualangan memberikan nilai tinggi untuk relaksasi, menjelajahi tempat-tempat baru, waktu bersama keluarga dan belajar tentang budaya yang berbeda sepanjang pengalaman perjalanan mereka,” tulis laporan FutureMarketInsights dikutip Kamis, 22 September 2022.

Di satu sisi, media sosial semakin penting dalam komunitas perjalanan petualangan karena para wisatawan dapat merencanakan perjalanan mereka sesuai dengan ulasan, saran, dan fasilitas pemesanan online. 

Sumber: FutureMarketInsights

Mereka menggunakan pencarian online untuk mensurvey tujuan dan merencanakan perjalanan mereka. Penggunaan media sosial oleh para wisatawan telah tumbuh setidaknya dua kali lipat sejak 2009. YouTube, Instagram, dan Twitter juga digunakan untuk perjalanan petualangan.

Banyak perusahaan wisata petualangan sudah menyediakan jenis pengalaman yang menarik bagi para wisatawan muda. Dikombinasikan dengan aktivitas fisik, serta tradisi dan masyarakat setempat, perusahaan wisata petualangan menawarkan foto dan cerita yang menarik kepada wisatawan untuk dibawa pulang.

Banyak masyarakat mengandalkan testimoni dari mulut ke mulut. Kehadiran influencer media sosial dan influencer petualangan di berbagai platform diharapkan menjadi pertanda baik bagi pasar karena mereka mempromosikan aktivitas spot, meninjau lokasi dan hotel, dan menawarkan pendapat yang tidak memihak mengenai layanan spesifik lokasi.

Pelarian dari Tekanan Hidup

Motivasi wisata yang baru seperti relaksasi dan istirahat, kegiatan olahraga dan perawatan medis khusus, diharapkan dapat mendorong penjualan di pasar wisata minat khusus.

Gaya hidup menetap dan urbanisasi juga telah memicu tekanan negatif pada kehidupan modern. Stres dan ketegangan kehidupan kota modern memaksa individu untuk mengubah pemandangan dan melakukan perjalanan ke lokasi yang indah untuk bersantai. Wisata kesehatan domestik di satu sisi menghadirkan peluang besar yang dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan internasional dengan pengeluaran lebih tinggi.

Rekreasi dan pariwisata berbasis alam adalah sektor yang menarik, dinamis, dan berkembang. Kesempatan kerja berlimpah, dan potensi kontribusi ekonomi, perlindungan kawasan hutan belantara, dan diversifikasi ekonomi pedesaan jauh dari ekstraksi sumber daya adalah beberapa prospek yang menarik.

Popularitas Wisata Minat Khusus Meningkat di Kalangan Pemuda

Dari segi kelompok usia, jumlah wisatawan dalam kelompok usia 15–25 tahun diperkirakan akan menguasai 34% dari total pangsa pasar. Konsumen di kelompok usia ini lebih tertarik pada kegiatan petualangan seperti backpacking, mendaki gunung, arung jeram, dan aktivitas sejenis.

Selain itu, mereka juga berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti menyelam, kayak, dan bersepeda. Selain olahraga petualangan, minat yang meningkat pada wisata lingkungan dan satwa liar di kalangan anak muda akan terus mendorong penjualan di segmen ini di tahun-tahun mendatang.

Wisatawan Domestik Cenderung Memilih Wisata Minat Khusus

Dalam hal jenis wisata, segmen wisatawan domestik akan mencapai 67% dari total pangsa pasar selama periode perkiraan. Meningkatnya tren wisata rekreasi di kalangan konsumen, serta kemudahan yang ditawarkan oleh layanan pemesanan online akan mendorong permintaan di segmen ini.

Lanskap Pemain di Industri

Pemain terkemuka yang beroperasi di pasar wisata minat khusus meluncurkan penawaran perjalanan ke berbagai destinasi unik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Mereka juga menawarkan diskon dan berinvestasi di saluran online untuk meningkatkan penjualan. 

Secara global, ada beberapa pemain dominan di pasar wisata minat khusus, mulai dari The Cultural Travel Company, Audley Travel, Trafalgar, Myths and Mountains, Global Medical Treatments, Carlson Wagonlit Travel, National Geographic Expeditions, Flight Centre Travel group, The Priceline Group, BrightSpark, EF Educational Tours, Wendy Wu Tours UK dan ACIS Educational Company.

Selain itu, masih ada Intrepid Travel, Cox and Kings, GeoEx, China Highlights, Globus Student Discoveries, Kuoda Travel serta ACE Cultural Tours.

Saat ini wisatawan masih bergantung pada agen perjalanan yang menawarkan pemesanan online, paket khusus, dan layanan inovatif. Expedia misalnya, sebuah agen perjalanan online, telah membangun salah satu jaringan terkemuka layanan perjalanan online, yang telah mendorong basis pengguna yang besar, sehingga menjadikannya raksasa di sektor perjalanan. 

Posisi unik perusahaan milik perusahaan Expedia, yang beroperasi baik dari dalam maupun luar negeri, di atas pesaing mereka juga berkontribusi pada posisi mereka di pasar saat ini.

Berita Terkait