Wijaya Karya Pastikan Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 2-3 Mulai Awal 2022

22 November 2021 06:13 WIB

Penulis: Laila Ramdhini

Editor: Laila Ramdhini

Hutama Karya mendapatkan penugasan berdasarkan Perpres Nomor 117 Tahun 2015 untuk membangun jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2.769 Km dengan total nilai investasi Rp476 triliun.

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) memastikan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles akan dimulai bersamaan dengan pembangunan Seksi 3 Cileles-Panimbang pada awal 2022.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito memaparkan Seksi 3 tol ini merupakan porsi pemerintah, sedangkan Seksi 2 merupakan porsi konsorsium WIKA.

"Kita akan mulai bareng pengerjaannya," ujar Agung, dikutip dari Antara, Senin, 22 November 2021.

Agung mengatakan, pembangunan Seksi 2 dan 3 tol ini ditargetkan selesai dalam dua tahun. Sehingga pada awal 2024, Tol Serang-Panimbang sudah tersambung seluruhnya dan mulai dioperasikan.

Tol Serang-Panimbang ini akan memangkas waktu tempuh menuju kawasan wisata Tanjung Lesung yang tadinya 5-6 jam menjadi sekitar 2 jam. 

"Kehadiran Jalan Tol Serang-Panimbang ini akan meningkatkan perekonomian di wilayah Tanjung Lesung dan sekitarnya," kata Agung.

Jalan Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer (km). Porsi pengerjaannya terbagi menjadi dua yakni porsi konsorsium dan porsi pemerintah.

Porsi konsorsium menjalankan pengerjaan konstruksi Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km dan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,1 km.

Sementara, porsi pemerintah mencakup pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

Saat ini, Jalan Tol Serang-Panimbang yang telah rampung dan dioperasikan adalah Seksi 1 Serang-Rangkasbitung. Sedangkan untuk Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles dan Seksi 3 Cileles-Panimbang ditargetkan dapat beroperasi pada kuartal I-2024.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km.

Presiden Jokowi mengatakan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. 

Kemudian nanti akan dilanjutkan dengan seksi 2 yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 km yang di akhir 2023 akan selesai. 

Jalan tol sebagai salah satu infrastruktur yang dibangun pemerintah dapat menjadi fondasi bagi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain.

Dengan kehadiran infrastruktur, menurut Presiden Jokowi, barang-barang produksi Indonesia dapat terdistribusi lebih baik dan akhirnya dapat menjadi lebih murah. 

Selain itu, infrastruktur juga akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi, termasuk di Banten akan lebih mudah terdistribusi.

Berita Terkait