WhatsApp Bisa Video Call Group 8 Orang

April 27, 2020, 05:45 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Aplikasi WhatsApp. / Pixabay

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan segera merilis fitur panggilan telepon video bersama (video call group) di aplikasi perpesanan WhatsApp dengan delapan orang sekaligus.

Fitur yang akan dirilis mulai pekan depan tersebut dapat digunakan dalam versi Beta. Sebelumnya, penggunaan video call grup di WhatsApp hanya mendukung untuk maksimal empat orang.

“Kemampuannya menjadi tidak terbatas hanya menghubungi empat orang, tetapi delapan orang sekaligus. Ini adalah sesuatu yang penting dalam kondisi seperti ini,” ujar Zuckerberg seperti dikutip dalam PC Magazine, Senin, 27 April 2020.

Penambahan ini diberikan seiring dengan aturan stay at home yang digaungkan pemerintah dalam rangka meminimalisasi penyebaran virus corona (COVID-19). Banyaknya aplikasi telekonferensi yang digunakan, mendorong Zuckerberg untuk mengembangkannya di WhatsApp.

Jumlah partisipan, ungkapnya, perlu ditambah. Keamanan juga tetap terjamin karena apikasi ini dilengkapi dengan pengamanan end-to-end encryption.

Ia menambahkan, layanan WhatsApp dan Messenger dari Facebook mengalami lonjakan permintaan video call hingga dua kali lipat selama masa pandemi COVID-19.

“Untuk kategori yang lebih spesifik seperti group video chat, jumlah panggilannya naik,” terangnya.

Adapun syarat agar dapat melakukan panggilan dengan delapan orang sekaligus, semua pengguna harus menggunakan WhatsApp dengan versi Beta yang sama.

Untuk mengaksesnya, dapat dilakukan melalui tab “Calls” klik tombol “Call” dan ke menu “New group call“.

Selanjutnya, pengguna memilih siapa saja di kontaknya yang ingin diajak untuk bergabung. Sebanyak delapan orang tersebut bisa memilih untuk melakukan panggilan suara atau video. (SKO)