WFH Setahun, Tren Pencari Rumah Mulai Incar Properti di Luar Jabodetabek

17 Maret 2021 07:04 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Properti Podomoro Park Bandung milik PT Agung Podomoro Land Tbk. / Podomoropark.com

JAKARTA – Situs jual beli properti Rumah.com memaparkan pencari rumah di Jabodetabek kini terbuka mencari rumah di luar Jabodetabek jika bekerja dari rumah (work from home) bisa dilanjutkan setelah pandemi.

Dalam Consumer Sentiment Study H1 2021 yang dibuat Rumah.com, sebanyak 53% responden mengaku terpikir untuk mencari hunian di luar wilayah Jabodetabek jika bisa terus menjalani sistem kerja WFH atau remote working.

“Pandemi membuat banyak orang menjadi sadar bahwa bekerja tidak harus di kantor, atau bahkan lebih jauh lagi tidak harus di kota besar yang hiruk pikuk,” ujar Country Manager Indonesia Rumah.com Marine Novita, Selasa, 16 Maret 2021.

Wilayah-wilayah yang akan dipertimbangkan jika para pencari rumah bisa tinggal di luar Jabodetabek adalah Jawa Barat sebesar 42% responden, Yogyakarta sebesar 27% responden, dan Jawa Tengah sebesar 19% responden.

Lalu, 17% responden menyatakan ingin pindah ke Bali, 15% ingin pindah ke Jawa Timur, dan 10% responden ingin pindah ke Banten.

Marine menyebut selama pandemi ini memang meningkatkan kesadaran dan dorongan masyarakat untuk membeli rumah. Menurutnya, situasi pandemi yang membuat orang-orang lebih banyak meluangkan waktu di rumah rupanya memberikan sudut pandang baru untuk mereka.

“Kalau biasanya orang lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan menganggap rumah hanya tempat untuk beristirahat, kini mereka menjadi lebih sadar akan pentingnya memiliki tempat tinggal yang lebih berkualitas,” tambahnya.

Secara rinci, 33% responden menyatakan mereka menjadi memikirkan untuk memiliki rumah dan 26% responden menyatakan mereka ingin merenovasi atau menggunakan kembali ruangan yang ada di rumahnya.

Selain itu, 12% responden menjadi memikirkan memikirkan untuk pindah dari lokasi mereka saat ini. Sementara 53% responden berencana untuk membeli hunian tahun ini atau dalam 1-2 tahun ke depan.

Rumah.com Consumer Sentiment Study ini adalah survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.078 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2021. (SKO)

Berita Terkait