Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca untuk Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada Periode 13-15 September

13 September 2021 14:49 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Amirudin Zuhri

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai perkiraan cuaca untuk beberapa daerah di bagian barat Pulau Jawa yang meliputi provinsi Jawa Barat, Banten hingga DKI Jakarta. (BMKG.)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk beberapa daerah di bagian barat Pulau Jawa yang meliputi Provinsi Jawa Barat, Banten hingga DKI Jakarta untuk periode13-15 Sepember 2021.

BMKG menyebut bahwa untuk wilayah tersebut berpotensi terjadi hujan yang disertai angin kecang, kilat atau petir pada waktu siang atau sore hingga malam atau dini hari.

Untuk Provinsi DKI Jakarta, BMKG memperkirakan akan terjadi hujan yang disertai kilat atau petir serta angin kencang untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Senin, 13 September sore.

Kemudian pada 14 September, diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jaksel dan Jaktim pada pagi dan siang hari.

Selanjutnya pada 15 September, BMKG mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat atau petir dan kencang kencang untuk wilayah Jaksel dan Jatim pada sore hari.

BMKG juga merilis peringatan dini untuk Provinsi Jawa Barat. Dimana pada 13 September, berpotensi terjadi hujan yang disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Beberapa kabupaten/kota yang terdampak antara lain Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Subang, Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Kuningan, Ciamis dan Kota Banjar.

Hujan dan Angin Kencang

Selanjutnya pada 14 September akan terjadi hujan yang disertai angin kencang, kilat/petir pada waktu pagi hingga siang/sore hari di beberapa wilayah yang hampir sama.

Kabupaten/kota tersebut yaitu Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon, Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Majalengka, Kuningan, Ciamis, dan Kota Banjar dan Pangandaran.

Pada 15 September, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang masih terjadi di beberapa berikut: Kota Depok, Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Bandung Brat, Kota Cimahi, Kota Bandung, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Majelengka, Kuningan, Ciamis, Kota Banjar.

Sementara itu, untuk wilayah Banten, pada 13- 15 September, BMKG menyebut akan berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Beberapa kabupaten/kota terdampak antara lain Kabupaten Lebak bagian utara dan timur, Pandeglang bagian utara, Tangerang bagian selatan dan Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, pada 14 September diperkirakan akan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat yangdapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian timur, Pandeglang bagian barat, Serang bagian barat dan Kota Cilegon.

BMKG belum mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Banten pada 15 September nanti.

Masyarakat diminta tetap mewaspadai adanya potensi kerusakan atau bencana akibat hujan yang disertai kilat dan angin kencang.*

Berita Terkait