Waskita Beton Precast Ekspor Perdana Spun Pile Senilai Rp15 Miliar ke Myanmar

13 Oktober 2021 16:04 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Gedung PT Waskita Beton Precast Tbk. / Waskitaprecast.co.id

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) melalui anak usahanya, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), melakukan ekspor perdana produk Spun Pile K-800/PHC Pile atau Pretensioned Spun High strength Concrete Piles ke Myanmar.

Nilai kontrak proyek ini mencapai 1,73 miliar kyat atau setara dengan Rp15 miliar. Nantinya, produk yang memiliki panjang 10-15 meter dengan PHC Piles 17.729 meter sebanyak 1.580 batang ini akan dikirimkan menggunakan kapal tongkang berkapasitas 300 feet atau 7500 ton.

Direktur Pemasaran WSBP FX Poerbayu Ratsunu menyatakan hal ini membuktikan kemampuan perseroan dalam memproduksi PHC Piles sesuai standar internasional.

“Perusahaan mampu memproduksi PHC Piles sesuai dengan indikator standar dari luar negeri,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Rabu, 13 Oktober 2021.

Ia menjelaskan loading barangnya sendiri telah dimulai sejak 6 Oktober 2021. Pengiriman dilakukan menggunakan trailer dari pabrik Bojonegara ke Terminal Multipurpose PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk di Merak, Banten. 

Adapun proses selanjutnya menggunakan kapal tongkang, dijadwalkan bersandar di pelabuhan pada 10 Oktober 2021. Estimasi sampai di Pelabuhan Industri Myanmar kurang lebih 10-15 hari bergantung pada kondisi cuaca dan jalur transportasi.

Perseroan mengaku akan terus berkomitmen mendukung program strategis pemerintah, terutama untuk meningkatkan volume ekspor di kancah internasional, seperti menjalin kemitraan dan berkolaborasi dengan kontraktor atau precaster internasional.

Berita Terkait