Warga Selandia Baru Hobi Nyeker, Ternyata Ini 5 Manfaatnya

24 Januari 2023 14:45 WIB

Penulis: Rumpi Rahayu

Editor: Yosi Winosa

Warga Selandia Baru Hobi 'Nyeker', Ternyata Ini 5 Manfaatnya (Pexels)

JAKARTA - Selandia Baru atau New Zealand adalah negara kepulauan yang terletak di sebelah tenggara benua Australia. Selandia Baru terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Sehingga negara ini menjadi negara destinasi favorit untuk wisata alam.

Banyak fakta unik yang dimilki negara ini salah satunya adalah warganya yang hobi pergi tanpa menggunakan alas kaki atau 'nyeker'. Hal ini mungkin terasa aneh di negara-negara lain, tetapi sangat lazim dijumpai di berbagai tempat publik di kawasan Selandia Baru.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata berjalan tanpa alas kaki atau nyeker memiliki banyak manfaat. Berikut 5 di antaranya.

1. Membuat tidur lebih berkualitas 
Elektron bumi dapat menyebar ke tubuh Anda ketika Anda nyeker, hal ini membawa banyak perubahan psikologis yang bermanfaat. Salah satunya adalah membuat tidur lebih berkualitas. Nyeker juga dapat menormalkan ritme biologis siang-malam. Dan membantu tidur lebih nyenyak.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Berjalan tanpa alas kaki mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah suatu kondisi dimana terdapat gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Berjalan tanpa alas kaki juga dapat menurunkan tingkat kekentalan darah yang dapat menurunkan hipertensi.

3. Meningkatkan sistem imun
Tak hanya bagus untuk anak-anak, berjalan tanpa alas kaki juga bagus untuk lansia karena. Karena mampu mengurangi sel darah putih san meningkatkan sel darah merah. Hal ini mengindikasikan respon imun secara positif.

4. Meredakan stres dan kecemasan
Ketika berjalan di atas permukaan bertekstur seperti rumput dan bebatuan, akan terjadi stimulasi di otot kaki. Hal ini yang diyakini mampu meredakan stres, kecemasan, hingga potensi depresi.

5. Meningkatkan postur tubuh
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa berjalan memakai sepatu memiliki efek negatif pada kaki. Sol sepatu yang lembut diyakini membuat kaki tidak menjadi lentur dan sekuat dulu. Padahal kaki yang lemah menyebabkan postur tubuh yang buruk dan menyebabkan sakit punggung, sakit leher, bahkan sakit lutut.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 manfaat berjalan tanpa alas kaki. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait