Walah, Sejumlah Jet Tempur Israel Rusak Parah Karena Terendam Banjir

NEGEV-Banjir tidak hanya musim di Indonesia, di Israel pun terjadi dan sialnya menerjang sebuah pangkalan udara mengakibatkan sejumlah jet tempur milik negara tersebut terendam air.

Times of Israel mengutip militer menyatakan perbaikan pesawat yang kebanjiran tersebut diperkirakan menelan biaya puluhan juta shekel (puluhan miliar rupiah). Melihat besarnya biaya perbaikan bisa diduga kerusakan jet tempur tersebut cukup parah.

“Sejumlah pesawat rusak. Mereka akan diperbaiki dan akan kembali terbang dalam beberapa hari mendatang, “kata militer sebagaimana dilaporkan Times of Israel Senin (12/01).

Minggu lalu banjir besar terjadi di sepanjang pantai dan di Gurun Negev. Menurut Pasukan Pertahanan Israel, sebuah pangkalan angkatan udara yang tidak diungkapkan di Israel selatan dihantam badai saat sungai-sungai di dekatnya banjir, mengirimkan air hujan dalam jumlah besar ke arah hanggar yang tertutup tempat jet tempur disimpan.

Semula militer Israel menutup informasi dari kejadian tersebut hingga sebuah foto salah satu pesawat, jet tempur F-16, di hangar yang banjir dibagikan secara luas di media sosial pada Minggu malam. Setelah itu sensor militer pun dicabut dan media bisa melaporkan insiden tersebut.

Militer tidak akan menyebutkan secara pasti jumlah dan jenis pesawat yang rusak akibat banjir.

Channel 12 melaporkan beberapa mekanik perlu diselamatkan dari hanggar yang juga banjir, dengan kedalaman air mencapai lebih dari satu setengah meter. IDF tidak akan segera mengkonfirmasi laporan itu, tetapi mengatakan bahwa tidak ada tentara yang terluka dalam banjir.

Militer mengatakan staf di pangkalan angkatan udara memompa air hujan keluar dari hanggar selama akhir pekan.

Curah hujan menyebabkan banjir besar di Nahariya, sebuah kota pantai sekitar 50.000 di dekat perbatasan Lebanon. Traktor dan kendaraan militer dikerahkan untuk membantu mengangkut penduduk melintasi jalan-jalan yang dipenuhi air saat mereka terjebak.

Angkatan Udara Israel sendiri menerbangkan sejumlah jet tempur papan atas. Selain F-16, mereka juga memiliki F-15 dan juga jet tempur generasi kelima F-35.

Tags:
pesawat militerteknologi militer
%d blogger menyukai ini: