Walah, Pesawat Kiamat Rusia Dibobol Maling

December 08, 2020, 03:09 PM UTC

Penulis: AZ

Il-80 Doomsday/Angkatan Udara Rusia

MOSKOW- Benar-benar tindakan nekat. Pencuri dilaporkan mengambil peralatan dari dalam salah satu Il-80 Maxdome yang juga dikenal sebagai pesawat ‘doomsday’ atau ‘pesawat kiamat‘ milik Angkatan Udara Rusia.  

Maxdome merupakan pesawat yang memainkan peran yang serupa dengan E-4B Angkatan Udara Amerika. Pesawat yang berfungsi sebagai pos komando udara strategis pada saat konflik nuklir ini sedang berada di sebuah lapangan udara di barat daya Rusia ketika pencurian terjadi.

Meskipun tidak jelas kapan tepatnya pencurian dilakukan, insiden itu dilaporkan media milik pemerintah Rusia RIA Novosti pada 7 Desember 2020. Menurut laporan tersebut, Il-80 sedang menjalani perawatan ketika orang tak dikenal membuka palka kargo dan mencuri apa yang disebut sebagai peralatan radio.

Fakta bahwa pesawat sedang menjalani perawatan, dan ini terjadi di lapangan terbang di wilayah Rostov, menunjukkan insiden yang terjadi di fasilitas perusahaan Beriev di Taganrog, di Laut Azov.

Selain menjadi biro dan pabrikan desain pesawat, yang berspesialisasi dalam pesawat amfibi, Beriev bertanggung jawab atas perlengkapan dan peningkatan peralatan di beberapa pesawat misi khusus yang dioperasikan oleh Pasukan Dirgantara Rusia.

Lebih lanjut, laporan RIA Novosti menyebutkan polisi telah berbicara dengan perwakilan dari perusahaan Beriev. Juru bicara dari Kementerian Dalam Negeri mengkonfirmasi bahwa penyelidikan sedang dilakukan.

Armada Maxdome biasanya berbasis di Chkalovsky, dekat Moskow, bersama pesawat relai komunikasi Il-82. Di sini, mereka ditugaskan ke unit pos komando pasukan udara spesialis yang berada di bawah Pusat Manajemen Pertahanan Nasional Rusia. Sebanyak empat Il-80 saat ini dimiliki Angkatan Udara Rusia. Keempatnya adalah turunan terakhir dari pesawat era Perang Dingin Il-86 Camber.

Komando Nuklir

Sebagaimana ditulis War Zone, jika terjadi perang skala penuh, Il-80 akan dimobilisasi untuk mengangkut Presiden Rusia. Il-80 terlindungi secara komprehensif dari efek ledakan nuklir dan merupakan bagian yang terintegrasi penuh dari sistem komando pasukan nuklir Rusia.  Dari atas pesawat presiden dapat memerintahkan peluncuran rudal balistik antarbenua, dari darat atau laut, atau membuat keputusan perang penting lainnya.

Inti dari suite misi Il-80 dikenal sebagai Zveno-S dan mencakup suite komunikasi canggih. Antena satelit yang dibawa dalam fairing berbentuk kano besar di atas badan pesawat depan. Dua pod underwing besar masing-masing membawa mesin turbin yang berfungsi sebagai sumber catu daya tambahan untuk peralatan onboard.

Banyak antena dan fairing lain berserakan di sekitar badan pesawat, dengan konfigurasi berbeda di masing-masing dari empat pesawat. Sebuah pod dipasang di sisi kiri badan pesawat belakang berisi antena trailing wire Fregat, sistem frekuensi sangat rendah untuk komunikasi dengan kapal selam rudal balistik yang ada di bawah air. Ini adalah cara yang hampir sama dengan E-6B milik Angkatan Laut Amerika.

Pertama kali diterbangkan dengan peralatan lengkapnya pada tahun 1987, Il-80 sudah agak kuno dan program peningkatan diluncurkan pada tahun 2008, memperkenalkan sistem Zveno-2S yang ditingkatkan. Detailnya hampir tidak ada tetapi diketahui telah dipasang di setidaknya dua pesawat sejak saat itu dan kemungkinan Maxdome yang menjadi korban pencuri menjalani pekerjaan yang sama.

Berita Terkait