Wajib Cek 3 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

JAKARTA – Diterima bekerja tentu kabar menyenangkan, apalagi bila tempat kerja tersebut sudah diidam-idamkan.

Panggilan untuk tanda tangan kontrak sudah tentu datang di saat bersamaan. Perusahaan akan menawarkan berbagai fasilitas, tentunya dengan sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus Anda emban selama bekerja di sana.

Semua ini harus dicermati dengan baik sebab bisa saja perusahaan memberikan fasilitas yang berbeda dengan yang mereka tawarkan di dalam lowongan kerja yang Anda lamar.

Jangan sampai Anda mengalami masalah atau bahkan kerugian hanya karena terburu-buru menandatangani kontrak kerja. Maka itu, pastikan membaca secara rinci isi kontrak sebelum menandatanganinya.

Berikut saran dari Cermati yang wajib Anda cermati sebelum tanda tangan kontrak kerja:

Deskripsi Pekerjaan

Saat bergabung dengan perusahaan, maka Anda akan menduduki jabatan tertentu di sana. Jabatan ini pada umumnya disesuaikan dengan kemampuan kerja yang Anda miliki.

Perusahaan akan menjabarkan apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab Anda di dalam kontrak tersebut. Deskripsi pekerjaan ini akan menjadi acuan aktivitas Anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Pastikan Anda memahami semua deskripsi pekerjaan tersebut sejak awal. Jangan sampaiharus menangani pekerjaan yang tidak sesuai atau bahkan berada di luar kemampuan kerja.

Hal ini bukan hanya membuat pekerjaanmu tidak maksimal, namun juga beresiko membuat Anda berada dalam kesulitan di masa yang akan datang.

Cermati setiap deskripsi yang tertulis di dalam kontrak secara rinci. Jika ada yang kurang jelas, sebaiknya langsung tanyakan saat itu juga. Jika And merasa tugas-tugas tersebut tidak sesuai dengan tanggung jawab Anda, maka sampaikan hal tersebut sejak awal.

Periksa Kesesuaian Gaji

Pada umumnya, para pelamar sudah memiliki gambaran yang jelas terkait besaran gaji yang bisa mereka terima dari lowongan yang dilamar.

Biasakan untuk melakukan survei gaji sejak awal agar Anda mendapat gambaran penghasilan yang akan Anda terima. Selain itu, jangan lupa mencermati isi kontrak terkait dengan jumlah gaji yang akan kamu terima dari perusahaan.

Saat wawancara kerja, besaran gaji tentu sudah dibicarakan dengan pihak perusahaan. Namun, di dalam kontrak kerja, besaran gaji ini bisa saja berubah, bahkan jauh dari yang Anda duga.

Jika besarannya tidak sesuai dengan pembicaraan di awal, segera bicarakan langsung dengan pihak perusahaan. Jangan abaikan poin yang satu ini, sebab bisa berakibat fatal di masa yang akan datang.

Budaya Kerja Perusahaan

Kenyamanan selama bekerja di perusahaan menjadi sesuatu yang sangat penting, sebab ini akan mempengaruhi produktivitas Anda. Anda akan menghabiskan waktu yang panjang di perusahaan, di mana Anda perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kerja di dalamnya.

Jika ini berjalan dengan baik, maka Anda akan bisa menikmati pekerjaanmu dengan nyaman sepanjang waktu. Namun, jika tidak, maka jelas Anda tidak akan betah untuk bekerja dan menikmati pekerjaan dengan gembira di sana.

Penting untuk melihat budaya kerja perusahaan secara detail, sebelum akhirnya Anda tanda tangan kontrak dan bergabung di sana. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara melihat langsung kondisi perusahaan saat interview.

Selain itu, Anda dapat mengumpulkan informasi terkait hal ini secara online atau bertanya ke teman atau kerabat yang bekerja di sana. Jika semua sudah sesuai dan dapat Anda terima dengan baik, maka tanda tangan kontrak kerja bisa dilakukan dengan tenang.

Tags:
bekerjabudaya kerjadeskripsi pekerjaanGaji Karyawankontrak kerjapenghasilan
%d blogger menyukai ini: