Wahai Pengusaha, Ini Cara Optimalisasi Ulasan Hotel Demi Gaet Tamu

January 18, 2021, 08:02 AM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Raffles Hotel di Jalan Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan / Booking.com

JAKARTA – Google/Oxera research menemukan, lebih dari 70% konsumen memilih hotel berdasarkan ulasan baik di internet.

Dengan semakin banyak ulasan yang diterima, hal ini secara efektif dapat membantu meningkatkan jumlah pemesanan hotel. Sebab, manajemen hotel menjadi memiliki kemampuan untuk menonjolkan ulasan positif dari tamu dan cara menanggapi ulasan negatif.

Mengutip laporan Google Indonesia, Minggu, 17 Januari 2021. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dan memanfaatkan ulasan tamu:

Tampilkan ulasan

Manfaatkan profil Google Bisnisku untuk mulai berinteraksi langsung dengan tamu maupun calon tamu. Di sini, para tamu bisa berbagi pengalaman mereka melalui peringkat bintang, ulasan, dan foto yang akan muncul ketika calon tamu melakukan pencarian di Maps maupun Penelusuran.

Di masa pandemi ini, fitur ulasan juga dapat menunjukkan ulasan konsumen terhadap penerapan protokol kesehatan. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi calon tamu yang akan menginap.

Permudah proses pemberian ulasan

Semakin mudah proses pemberian ulasan, semakin besar kemungkinan para tamu melakukannya. Permudah mereka menemukan hotel Anda di Penelusuran dengan mengisi sebanyak mungkin informasi di profil Google Bisnisku.

Anda juga dapat mengirimkan email berisi ucapan terima kasih karena telah menginap dan meminta mereka untuk memberikan ulasan dengan membuat dan membagikan tautan ulasan profil Google Bisnisku milik Anda.

Bersikap responsif

Anda akan menerima pemberitahuan setiap kali mendapat ulasan dari tamu. Ini merupakan kesempatan untuk berinteraksi dengan tamu dengan memberikan solusi untuk masalah atau dengan mengucapkan terima kasih.

Cara ini akan meningkatkan loyalitas dan kepercayaan mereka. Anda harus berusaha menanggapi semua ulasan dalam waktu 24 jam dan jangan pernah mengabaikan atau menolak masukan negatif.

Praktik terbaik ketika mendapat ulasan negatif:
  • Jangan panik saat menerima ulasan negatif
  • Evaluasi situasi dengan melihat waktu tamu menginap dan berinteraksi dengan seluruh pegawai hotel
  • Tanggapi ulasan negatif dengan cepat untuk menenangkan tamu dan meyakinkan tamu di masa mendatang bahwa masalah yang sama tidak akan menimpa mereka
  • Segera lakukan perbaikan jika diperlukan
  • Tandai ulasan tidak pantas yang melanggar kebijakan Google
  • Ingatlah bahwa calon tamu dapat membaca ulasan dan balasan Anda dan mungkin memutuskan apakah akan tetap menginap berdasarkan cara Anda berinteraksi dengan pelanggan yang memberi ulasan negatif

Ulasan positif dan negatif dibangun dari mulut ke mulut, itulah sebabnya rekomendasi yang menyenangkan harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran para pebisnis perhotelan.

Semakin banyak ulasan yang dimiliki, semakin besar kesempatan untuk menjangkau wisatawan yang mencari tempat menginap di Google. (SKO)