Waduh.. Diego Maradona Ternyata Jadi Agama dan Disembah oleh 200.000 Orang!

November 29, 2020, 04:49 PM UTC

Penulis: Ananda Astri Dianka

Diego Maradona saat membela TImnas Argentina/Twitter

JAKARTA – Kematian pesepak bola legendaris, Diego Armando Maradona memang menjadi pukulan bagi para fansnya di seluruh dunia. Namun, siapa sangka, segelintir fans fanatik Maradona bahkan sampai mendirikan sebuah agama untuk menyembah sang bintang rumput hijau.

Agama Maradona, namanya, resmi didirikan pada 1998 oleh tiga fans fanatik. Ketiganya adalah Hector Campomar, Alejandro Veron, dan Hernan Amez.

Melansir dari 99.co, Minggu, 29 November 2020, sekte tersebut bahkan mendirikan tempat ibadah bernama Gereja Maradoniana (Iglesia Maradoniana) di Kota Rosario, Argentina. Selayaknya agama pada umumnya, ‘umat’ Maradona juga memiliki hari raya keagamaan, tepatnya pada 30 Oktober.

‘Natal’ versi agama Maradona dipilih sesuai dengan tanggal lahir mantan pemain Napoli itu. Sementara, tanggal saat Maradona mencetak dua gol melawan Inggris di Piala Dunia 1986, yaitu 22 Juni, menjadi “Hari Paskah”.

Meski cukup unik, agama Maradona kini sudah memiliki penganut hingga 200.000 orang dari 130 negara. “Agama kami adalah sepak bola dan seperti semua agama, pasti memiliki Tuhan,” kata Alejandro Veron, mengutip  The Guardian.

Sejumlah ritual para penganut agama ini salah satunya adalah selalu membahas Diego Maradona ketika berbicara tentang sepak bola. Bahkan, Gereja Maradoniana juga melaksanakan ritual pembaptisan.

Anggota yang masuk dalam agama ini menyelesaikan proses pembaptisan dengan cara menciptakan kembali “gol Tangan Tuhan” pada Piala Dunia 1986. Mereka juga diketahui kerap berkeliling Argentina untuk membawa patung dan ornamen Maradona sebagai bentuk penyembahan.

Belum selesai sampai di situ, para penganut agama ini juga memiliki doa tersendiri. Bunyinya adalah “Diego kami, yang berseni di bumi. Dikuduskan kaki kiri. Keajaibanmu datang, golmu diingat.” (SKO)

Adapun ke-10 perintah agama Maradona antara lain:
  • Bola tidak pernah kotor.
  • Cintai sepakbola di atas segalanya.
  • Menyatakan cinta tanpa syarat untuk Maradona dan keindahan sepakbola.
  • Pertahankan seragam Argentina.
  • Sebarkan berita keajaiban Maradona ke seluruh alam semesta.
  • Hormati kuil tempat dia bermain dan seragam sucinya.
  • Jangan menyatakan Maradona sebagai anggota tim mana pun.
  • Mengkhotbahkan dan menyebarkan prinsip-prinsip Gereja Maradoniana.
  • Menjadi Diego sebagai nama tengah dan bernama putra pertama Anda Diego.
  • Jangan hidup terasing dari kenyataan dan jangan sia-sia.