Volta Pamer Motor Listrik Berteknologi Ganti Baterai di IEMS 2021

26 November 2021 17:35 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Laila Ramdhini

Karyawan melayani calon pembeli di showroom penjualan sepeda motor listrik Uwinfly dikawasan Otista, Jakarta, Rabu, 24 November 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA – PT Volta Indonesia Semesta, perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) – MCAS Group dan SiCepat hadir memamerkan motor listrik berteknologi Sistem Ganti Baterai (SGB) di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021. Volta menghadirkan unit motor roda dua yakni tipe 401 dan kendaraan roda tiga (3) tipe 501 dalam event tersebut.

“Volta hadir sebagai solusi atas permasalahan dunia industri yang sedang dihadapi oleh dunia khususnya Indonesia saat ini dalam mengurangi jumlah polusi yang dihasilkan dari kendaraan,” kata CEO PT Volta Indonesia Semesta, Willty Awan dalam keterbukaan informasi, Jumat 26 November 2021.

Teknologi terbaru Volta ini menawarkan unit kendaraan listrik dengan mode ganti baterai guna memudahkan pengguna saat beraktivitas. Baterai SGB produksi Volta saat ini juga tengah menjalani suatu program sinergi untuk penyediaan lokasi baterai di 150 titik sehingga masyarakat dapat mengganti baterai dengan cepat, nyaman, dan aman.

Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan saat ini Indonesia harus segera beralih ke penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Saat ini, Indonesia masih mengandalkan impor BBM sebesar 60%, yang kemudian menjadi masalah besar di sektor energi.

“Kalau kita tidak segera menuju untuk mengembangkan mobil listrik, maka semakin tidak balance. Kebutuhan energi meningkat di satu sisi supply energi kita juga semakin tipis,” tegas Moeldoko.

Baru-baru ini, Volta juga menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi ternama seperti Telkom University guna mengembangkan skill dan inovasi riset motor listrik bersama guna meningkatkan pemahaman teknologi motor listrik lebih dalam. 

Kemudian, bersama Sekolah Vokasi (SV) Universitas Gadjah Mada yang ditujukan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua pihak dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Pertengahan bulan lalu, Volta meresmikan pabrik kendaraan listrik pertamanya di Indonesia pada Kamis, 11 November 2021. Pabrik ini berlokasi di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah.

Berita Terkait