Volta Anak Usaha NFCX dan SiCepat Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

11 November 2021 15:43 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Laila Ramdhini

Ilustrasi Sepeda Motor Listrik

JAKARTA – Perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) dan PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat), PT Volta Indonesia Semesta, meresmikan pabrik kendaraan listrik pertamanya di Indonesia pada Kamis, 11 November 2021. Pabrik ini berlokasi di Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam peresmian pabrik tersebut, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi Volta yang mampu menginvestasikan sejumlah dana di Kota Semarang di tengah situasi pandemi. Menurutnya, keberadaan Volta dengan kendaraan listriknya akan membantu peran pemerintah, terutama untuk mengurangi polusi udara.

“Jika semuanya berjalan sesuai ketentuan, Indonesia akan semakin maju, Jawa Tengah semakin jaya dan Semarang semakin berkah,” ujarnya melalui keterangan pers, Kamis, 11 November 2021.

Direktur Volta Indonesia Semesta Willty Awan mengatakan  kehadiran Walikota Semarang dalam peresmian pabrik kendaran listrik ini sebagai wujud komitmen pemerintah untuk mendukung perusahaan dalam melaksanakan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Dengan beroperasinya pabrik ini, kami optimistis dapat memproduksi sebanyak 5.000 unit motor listrik setiap bulannya, dan mencapai 60.000 unit motor listrik setiap tahunnya,” imbuhnya.

Dalam menjalankan bisnis ini, Volta bekerja sama dengan PT Energi Selalu Baru sebagai penyedia teknologi battery replacement system (SGB) yang digunakan sebagai sumber energi utama kendaraan listrik Volta. 

Presiden Direktur Energi Selalu Baru Abraham Theofilus menjelaskan SGB merupakan inovasi terbaru untuk sumber tenaga kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Ia berharap hal ini bisa meningkatkan nilai dari produk Volta.

“Kolaborasi dua teknologi terbaru ini merupakan inovasi apik yang kami harapkan dapat mendorong tumbuhnya ekosistem KBLBB di tanah air,” tutur dia.

Volta juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam mencari informasi, mendaftarkan pengguna, menghidupkan atau mematikan sepeda motor, meminjam hingga mencari dealer serta servis aneka sepeda motor. 

Selanjutnya, stasiun SGB akan dipasang di 150 titik, tepatnya 100 unit di Jabodetabek dan 50 unit yang tersebar di Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, dan Bali. Di samping itu, akan tersedia di SiCepat HUB dan SiCepat Point. 

Berita Terkait