Viral di Tiktok Lantaran Sukses Bikin Penonton “Mental Breakdown”, Ini Fakta Anime “Grave of The Fireflies”

May 03, 2021, 07:07 AM UTC

Penulis: Rizky C. Septania

JAKARTA – Belakangan ini, sejumlah konten kreator TikTok kembali ramai membicarakan film animasi asal Jepang alias anime, Grave of The Fireflies.

Oleh mereka, Grave of The Fireflies disebut sebagai anime yang sukses membuat penontonnya terkena “mental breakdown” lantaran memiliki cerita yang sedih.

Lalu, seperti apa sebetulnya gambaran dan fakta mengenai film animasi ini?

Grave of The Fireflies merupakan salah satu film besutan studio ternama asal Jepang, Studio Ghibli.

Dikutip dari sejumlah sumber, Grave of The Fireflies dibuat dengan mengadaptasi cerpen yang dibuat berdasarkan kejadian nyata, Short Story of The Same Name karya Akiyuki Nosaka.

Film Animasi ini memiliki genre tragedi dengan mengambil latar belakang sepasang kakak adik bernama Seita dan Setsuko yang hidup pada saat perang dunia kedua.

Seita yang masih remaja dan adiknya Setsuko yang masih anak-anak harus kehilangan rumahnya dan ibunnya di Kobe lantaran terjadi perang. Sedangkan ayahnya yang tergabung sebagai angkatan laut Jepang dinyatakan tewas dalam pertempuran.

Dua kakak beradik ini harus terus bertahan hidup dengan cara apapun termasuk mencuri. Meskipun pada akhirnya, penonton harus menguraikan airmata lantaran akhir filmnya realistis.

Dibuat pada 1988, Grave of The Fireflies disebut sebagai salah satu mahakarya dari dunia perfiliman animasi Jepang. Maka tak heran jika film animasi ini menyabet sejumlah penghargaan bergengsi.

Pada 1989, Grave of The Fireflies menyabet penghargaan spesial di Blue Ribbon Award. Penghargaan ini merupakan anugrah yang diberikan oleh para kritikus film dan penulis di Jepang.

Pada 1994, film animasi ini menyabet dua penghargaan sekaligus di ajang Chicago International Children’s Film Festival. Grave of The Fireflies diketahui mendapat anugerah untuk kategori Animation Jury Award dan Rights of the Child Award.

Pada 2018 lalu, Grave of The Fireflies kembali diputar di bioskop Jepang sebagai salah satu animasi yang dipublikasikan di perhelatan Studio Ghibli Fest 2018.

Dalam pemutaran ini, The Graves of The Fireflies berhasil meraup pendapatan hingga 1,7 miliar Yen.

Pemutaran juga dilakukan secara terbatas di Amerika Serikat dan berhasil mengumpulkan pendapatan hingga US$516,962.

Mengutip dari situs IMDB pada Senin, 3 Mei 2021, Graves of The Fireflies mendapat rating 8,5 dari 10. Sedangkan di Rotten Tomatoes, film ini berhasil mendapat skor sempurna yakni 100%.