Victa, Inilah Kapal Baru Royal Navy Ala James Bond

James Bond, mata-mata flamboyan dan pemikat wanita, adalah salah satu ikon film Inggris yang paling dikenal, dan teknologi yang dibayangkan kerap tidak masuk akal,

Salah satunya adalah mobil Lotus Esprit klasik dari skuel ‘Spy Who Love Me’ yang berubah menjadi kapal selam dengan cukup menekan tombol.

Namun kini Royal Navy atau Angkatan Laut Inggris memiliki kendaraan gaya Bond ini. Bedanya bukan mobil, tetapi sebuah speedboat serat karbon yang dapat tenggelam dengan menekan tombol.

Daily Mail melaporkan Sabtu (14/09/2019) kapal, yang dikenal sebagai Victa, dapat melaju di permukaan dengan kecepatan hingga 40 knot  atau 74 km / jam. Ini setara dengan kecepatan rata-rata sebuah kapal destroyer.

Mobil Lotus Esprit dalam film James Bond

Di permukaan, kapal itu bergantung pada waterjets buatan Rolls-Royce, tetapi ketika terendam, beralih ke pendorong listrik, memungkinkan perjalanan hingga 8 knot.

“Desain kami benar-benar canggih. Victa membuka kemungkinan mengubah permainan taktis dan pilihan strategis dalam operasi maritim, gabungan dan khusus, ”kata Tim Chicken, mantan komandan Royal Marine yang sekarang bekerja untuk SubSea Craft, pembuat kapal.

Kapal dioperasikan oleh dua awak dan dapat membawa hingga enam pasukan komando; semua yang berada di atas kapal diwajibkan mengenakan perlengkapan selam karena kokpit kapal akan kemasukan air saat pasukan keluar dalam kondisi menyelam.

Kapal dilaporkan bisa menyelam hingga 98 kaki dan memiliki jangkauan 250 mil laut. Kapal itu dapat diangkut dengan helikopter atau dilampirkan ke lambung kapal selam Angkatan Laut Inggris, kata laporan itu.

Menurut laporan itu, kapal itu dimaksudkan untuk digunakan sebagai perlindungan bagi kapal-kapal Inggris di Teluk Persia.

“Selama beberapa dekade, kami telah menunggu kapal untuk dikembangkan yang efektif di permukaan dan di  bawah air,” kata seorang sumber di Angkatan Laut Inggris. “Musuh tidak akan bisa melihat atau mendengar kita datang. Mengingat ancaman terhadap kapal-kapal Inggris di Selat Hormuz, kedatangan kapal ini sangat tepat waktu. ”

Sayangnya tidak diungkapkan apakah kapal tersebut dilengkapi dengan kotak penyimpan tuksedo dan juga menyediakan Martini ala mobil James Bond.

Tags:
FilmMobil Listrikteknologi militer
%d blogger menyukai ini: