Usai Rilis Fitur Obrolan Audio Layaknya Clubhouse, Telegram Luncurkan Pesan Suara Terjadwal

May 01, 2021, 11:01 AM UTC

Penulis: Justina Nur Landhiani

JAKARTA – Aplikasi layanan pengirim pesan instan Telegram mengatakan sekarang akan memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan panggilan suara, sebulan setelah memperkenalkan fitur obrolan audio seperti Clubhouse.

Dikutip dari website resminya, obrolan suara atau pesan suara terjadwal ini memberikan layanan kepada pengguna untuk menjadwal pesan suara mereka. Pelanggan akan melihat count down atau hitung mundur di bagian atas obrolan.

Aplikasi yang berbasis di Dubai ini menambahkan twist pada fitur obrolan suara yang diluncurkan tahun lalu, memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam percakapan audio langsung di saluran Telegram, seperti di aplikasi Clubhouse.

Pengguna Telegram sekarang juga dapat mengatur profil mini agar pendengar lain dapat mengidentifikasi melalui foto profil dan nama tampilan mereka. Pengguna juga dapat mengedit detail mereka tanpa meninggalkan percakapan, kata Telegram.

Aplikasi chat saingan WhatsApp tersebut juga telah memperkenalkan dua versi web baru, baik yang mendukung stiker animasi, mode gelap, dan mode obrolan. Versi ini berdiri sendiri dan tidak memerlukan ponsel di dekatnya atau terhubung ke Internet, tidak seperti saingannya WhatsApp yang membutuhkan konektivitas internet baik di ponsel maupun desktop.

Dengan versi web baru ini, Anda mendapatkan akses cepat ke obrolan Anda di berbagai perangkat, baik desktop dan seluler. Aplikasi ini sangat efisien, hanya membutuhkan unduhan 400 KB dan pastinya tanpa perlu pemasangan.

Selain itu, pengguna Android juga dapat mengunduh aplikasi Telegram langsung dari situs web Telegram alih-alih melalui Google Play Store.