Usai Mudik Lebaran, Saatnya Kembalikan Performa Kendaraan

14 Mei 2022 18:03 WIB

Penulis: Debrinata Rizky

Editor: Fakhri Rezy

Usai Mudik Lebaran Saatnya Kembalikan Performa Kendaraan (trenasia.com)

JAKARTA-Momen lebaran 2022 sudah berakhir, setelah menghabiskan momen bersama keluarga di kampung halaman saatnya kembali menjalani rutinitas yang ada.

Meskipun momen perjalanan mudik telah usai namun untuk Anda yang melakukan mudik dengan kendaraan pribadi masih memiliki pekerjaan tambahan. Pekerjaan tambahan itu ialah memastikan kendaraan kembali dalam kondisi optimal sebelum digunakan kembali untuk aktivitas harian.

Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi dalam keterangan resminya menjelaskan kendaraan-kendaraan yang digunakan mudik dengan perjalanan jarak jauh perlu dilakukan pengecekan untuk mengembalikan performanya.

Setidaknya ada 5 sektor pada kendaraan yang perlu dilakukan pengecekan usai perjalanan mudik. Pertama kondisi mesin dengan cara mendengarkan suara mesin, dan pastikan tidak ada suara yang janggal serta mesin bisa dihidupkan dengan mulus.

Lalu pastikan pada bagian mesin tidak ada rembesan cairan-cairan yamg tumpah, seperti oli mesin, minyak rem, cairan radiator, hingga cairan wiper. Anda juga bisa menambahkan cairan tersebut jika diperlukan pengisian ulang.

Kedua lalukan pengecekan pada kaki-kaki ban, caranya dengan menggerakkan roda ke kanan kiri, apabila ada roda yang goyang maka bisa mengecek bagian tie-rod dan ball joint.

Hilangkan juga keriil-kerikil kecil yang tersangkut pada ban, serta memperhatikan tipis tebalnya ban sehingga perlu untuk melakukan penggantian.

Bagian ketiga ada AC kendaraan, lakukan pembersihan pada selang AC berserta sambungannya. Jangan lupa cek freon melalui lubang kaca kecil di dekat kompresor AC. Apabila bening artinya masih penuh sedang kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon.

Keempat ada sektor kelistrikan mobil, Anda bisa memeriksanya dengan mengaktifkan lampu utama, lampu sein, lampu kabin, dan juga head unit. Pastikan semua berjalan dengan baik. Kemudian saat menghidupkan mobil, pastikan mobil bisa hidup dengan mulus.

Dan yang terakhir kebersihan kabin, biasanya selama dalam perjalanan kabin menjadi tempat tumpahan sisa sisa makanan atau bahkan debu debu perjalanan yang menempel.

Untuk itu pastikan membersihkannya agar terbebas dari penyakit dan sarang hewan kotor lainnya di kabin.

Berita Terkait