UMKM di Pusat Krisis, Bank Danamon Turun Membantu

JAKARTA – Dukungan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus diberikan sebagai salah satu strategi bertahan di tengah masa pandemi.

Salah satunya diberikan oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk. atau Bank Danamon dengan menghadirkan pengembangan literasi keuangan kepada kurang lebih 200 pelaku UMKM.

Diketahui, riset Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyebut, UMKM saat ini berada dalam pusat krisis ekonomi akibat pandemi. Bahkan, kondisinya dinilai lebih parah dibandingkan krisis keuangan 2008.

Sektor ini berisiko serius di mana lebih dari 50% UMKM tidak mampu bertahan dalam beberapa bulan ke depan. Dampak tersebut dianggap tidak hanya mempengaruhi sisi finansial, melainkan juga kesehatan mental.

Dalam hal ini, Bank Danamon pun menggandeng Halodoc, Goplay alias platform streaming hiburan, TopKarir, dan Investree untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM terdampak.

Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah & Sustainable Finance Bank Danamon mengungkapkan, selain mendapat pembekalan literasi keuangan, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan konsultasi kesehatan.

“Ini sebagai hiburan pelepas stres, serta akses terhadap materi dan sumber pengetahuan lainnya,” mengutip keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.

Para peserta, lanjutnya, juga diberikan akses selama 30 hari untuk layanan Halodoc, seperti konsultasi dokter secara online. Selain itu, diberikan pula paket Halofit, yakni suplemen harian vitamin C.

Adapun layanan GoPlay, peserta juga diberikan akses 30 hari. Begitu pun dengan Topkarir yang menawarkan konsultasi pakar karir dan profesi.

“Program ini bagian dari serangkaian kegiatan kepedulian dan peran aktif Bank Danamon kepada masyarakat Indonesia,” tambah Herry.

Tags:
Bank DanamongojekGoPlayhalodocHeadlineLiterasi KeuanganPT Bank Danamon Indonesia TbkumkmUsaha Mikro Kecil dan Menengah
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: