UGM Kembangkan Workbikecycle, Sepeda untuk Kerja dan Olahraga

YOGYAKARTA-Wahana Pendidikan Layanan Primer (WPLP UGM) beserta bengkel sepeda UGM dan Sekolah Vokasi mengembangkan prototipe workbikecycle. Sepeda untuk dapat berolahraga sekaligus bekerja.

Energi yang timbul dari kayuhan sepeda juga dapat menjadi energi listrik untuk peralatan elektronik seperti laptop.

“Menggabungkan kerja dengan laptop bersamaan dengan mengayuh sepeda akan membuat olahraga cukup dan mencegah munculnya faktor risiko yang menyebabkan COVID-19 dan produksi dalam bekerja tetap optimal,” ucap Wistiono, manajer WPLP yang juga menjadi penggagas pengembangan alat ini Rabu 30 Desember 2020.

Pengembangan alat ini sejak awal September 2020 dengan dukungan Direktorat Aset UGM serta mitra kerja dari Aset Pintar Blora. Saat ini terdapat tiga prototipe yang berada di Klinik Korpagama. Sejumlah pasien serta staf klinik telah menggunakan sepeda tersebut.

Ide pembuatan sepeda ini muncul sebagai upaya untuk mengurangi faktor risiko penurunan kesehatan pada sivitas UGM. Banyak sivitas UGM, terangnya, memiliki penyakit seperti hipertensi, diabetes, gangguan jantung, gangguan ginjal, gangguan gerak, dan lainnya.

Pandemi COVID-19 pun menimbulkan tantangan baru dalam berolahraga karena masyarakat, terutama para senior yang lebih rentan terhadap penularan virus, tidak lagi bebas berolahraga. Persoalan lain adalah kesulitan mencari waktu untuk berolahraga akibat pekerjaan yang cukup menyita waktu.

“Harapannya sivitas sehat, banyak berkarya, sehat serta sejahtera. Dengan menggabungkan waktu kerja dan olahraga di ruang yang terbatas, pekerjaan beres, olahraga beres, imunitas naik, dan mencegah stres serta faktor risiko penyakit stroke, hipertensi, diabetes, dan gangguan jantung,” imbuhnya.

Sepeda Dinamis

Di samping sepeda statis, prototipe lain adalah sepeda dinamis berpanel surya untuk dapat menghasilkan energi listrik untuk beragam aktivitas.

Rencananya kedua alat ini untuk memenuhi kebutuhan bekerja di kantor maupun di rumah ataupun untuk mereka yang ingin melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tags:
harga sepeda listrikPecinta gowessepedasepeda listrikugm
%d blogger menyukai ini: