UFO Berbentuk Donat Melintas Langit Swiss dan Tertangkap Kamera

14 November 2021 02:53 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

UFO Berbentuk Donat Melintas Langit Swiss dan Tertangkap Kamera (null)

ZURICH - Seorang fotografer asal Swiss menangkap gambar objek terbang di langit menyerupai UFO yang berbentuk seperti donat.

Dalam tangkapan kameranya yang diunggah lewat akun twitternya, @Eavix1Eavix, objek terbang tersebutberbentuk cincin kosentris berwarna biru cerah.

Fotografer itu awalnya mengira bahwa objek tersebut merupakan kapusl Endeavour SpaceX milik konglomerat dunia, Elon Musk. 
Pasalnya, Endeavour SpaceX yang membawa empat awak yang telah menyelesaikan misi tinggal di ruang angkasa selama 200 hari itu memang memang dijadwalkan pada malam saat gambar tersebut ditangkap.

Sayangnya, dugaan tersebut mungkin meleset. Sebab, di malam tersebut, Endeavour SpaceX dikabarkan mendarat di bagian belahan bumi lain yang jauh dari Swis, yakni teluk Meksiko.

Sejumlah saksi mata lain di Amerika Serikat seperti ALabama dan Lousiana pun bersaksi bahwa mereka melihat penampakan Endeavour melintasi langit. Itu berarti, Endeavour tak seharusnya dapat terlihat dari Swiss.

Marco Langbroek, peneliti sekaligus pelacak satelit amatir dari Universitas Leiden Belanda mengatakan bahwa jika Endevaour melintas di atas Swiss, maka kapsul luar angkasa tersebut berada dalam bayangan bumi yang tak akan diterangi oleh matahari. Oleh karena itu, penampakan Endevaour di atas langit Swiss tak akan terlihat sama sekali.

"Reentry itu sendiri melewati Meksiko dan Teluk Meksiko, dan tidak akan terlihat dari Swiss. Deorbit burn, sebelum masuk kembali, berada di atas Samudera Hindia, jadi juga tidak terlihat dari Swiss," ujar Langbroek mengutip dari Livescience.

Banyak Kemungkinan

Menanggapi penjelasan Langbroek, maka pertanyaan lain muncul. Jika bukan Endeavour, lantas, apakah objek terbang berbentuk donat tersebut? Apakah itu alien?

Menurut Langbroek, objek terbang yang tampak di langit malam Swiss saat itu bisa saja bukanlah objek terbang. Melainkan gambar acak dari sebuah bintang jatuh.

"Saya cukup yakin bahwa 'donat UFO' pada gambar Swiss adalah gambar di luar fokus dari sebuah bintang terang. Sepertinya begitu," ujar Langbroek.

Hal berbeda diungkapkan oleh astrofisikawan asal  Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Massachusetts, Jonathan McDowel. Jika melihat dari jejak cahaya zig-zag yang berada di belakang objek, ia menyatakan bahwa objek tersebut memang bergerak.

Ia lalu berasumsi bahwa UFO berbentuk donat itu merupakan bagian atas dari sebuah roket yang berfungsi untuk mendorong pesawat ke orbit. Setelah digunakan, bagiantersebut masuk ke atmosfer dan kemungkinan terbakar.

Berita Terkait