Tujuan Tersembunyi! Ini Alasan Kenapa Kursi Penumpang di Pesawat Kebanyakan Berwarna Biru

11 Agustus 2021 18:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Tujuan Tersembunyi Mengapa Kursi Penumpang di Pesawat Kebanyakan Berwarna Biru (Istimewa)

JAKARTA - Anda tentu kerap melihat kursi penumpang di pesawat yang berwarna biru. Akan tetapi, sering kali Anda tidak memikirkannya atau tidak peduli terhadap hal tersebut.

Mungkin saat di pesawat, Anda sudah cukup sibuk dengan menemukan kompartemen di kabin yang pas untuk tas Anda sehingga tidak begitu memperhatikan hal-hal seperti detail interior pesawat. Oleh karena itu, cobalah untuk memerhatikan detail tersebut saat Anda naik pesawat di perjalanan selanjutnya.

Kemungkinan besar kursi penumpang di pesawat adalah warna biru, atau cenderung bernuansa warna biru. Ini penjelasannya.

1. Mudah Dibersihkan

Pada umumnya, petugas tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan pesawat di antara jam penerbangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memilih warna dan kain yang dapat memudahkan pekerjaan membersihkan pesawat.

Mengutip dari laman Reader's Digest, kursi pesawat warna biru karena warna tersebut lebih baik dibandingkan dengan warna lainnya. Warna biru dapat menyamarkan noda, sehingga maskapai tidak perlu mengganti kursinya sesering mungkin.

2. Biru Adalah Warna yang Menenangkan

Perjalanan udara memang kerap menimbulkan kecemasan, termasuk bagi penumpang yang tidak takut terbang atau tidak memiliki kondisi seperti mabuk udara. Untuk mengatasi kecemasan tersebut, banyak maskapai menggunakan kursi berwarna biru karena dianggap mampu menenangkan penumpangnya.

3. Mampu Membuat Suasana Jadi Lebih Sejuk

Warna biru dipilih karena bisa mendinginkan suasana di kabin sehingga terkesan lebih sejuk. Warna biru tidak hanya membuat suasana lebih sejuk, tetapi juga dapat mengirim kesan ruangan yang harum, bersih atau segar.

4. Biru Sebagai Bagian dari Branding

Dalam beberapa kasus, pilihan warna biru untuk kursi penumpang biasanya merupakan bagian dari branding perusahaan. Maskapai penerbangan di Amerika Serikat biasanya menggunakan warna biru dan merah pada logo mereka sebagai bentuk kepatuhan terhadap negara, dan kursi biru merupakan perpanjangan dari makna tersebut.

Berita Terkait