Trump Vs Joe Biden: Dampak Positif Pemenang Presiden AS bagi Indonesia

JAKARTA – PT Bahana TCW Investment Management beranggapan kemenangan Joe Biden dari Donald Trump pada pemilihan presiden di Amerika Serikat bisa memberikan dampak positif bagi negara berkembang, termasuk Indonesia.

Direktur Strategi Investasi Bahana TCW Budi Hikmat memperkirakan, saat ini aliran modal asing masih tertahan untuk masuk ke negara-negara berkembang seperti Indonesia. Para investor global masih menunggu hasil pilpres yang sedang berlangsung saat ini di Negeri Paman Sam.

“Kebijakan Trump yang ‘ultra-populis’ selama ini cenderung membuat perekonomian dunia kurang imbang dan berisiko memicu gejolak yang lebih kompleks di masa yang akan datang,” ujarnya di Jakarta, Jumat 6 November 2020.

Ia meniliai, stimulus masif defisit fiskal, terutama pemotongan pajak korporasi yang lebih berpihak kepada kelompok ekonomi atas, telah menyebabkan perekonomian AS relatif paling kuat dibandingkan negara lain.

Sementara itu, sambung Budi, stimulus moneter berupa penurunan suku bunga dan penggelontoran likuiditas telah memicu kenaikan harga saham di AS.

“Hal ini ternyata sekaligus menyebabkan investor enggan masuk ke negara berkembang,” imbuhnya.

Dia melihat peluang keuntungan di pasar saham jika Biden memenangkan pilpres AS. Namun, Budi mengingatkan investor untuk siaga menyikapi volatilitas terutama yang bersumber dari nilai tukar.

Menurutnya, sejauh ini investor asing juga menyukai surat berharga negara (SBN) Indonesia dalam mata uang asing yang relatif aman terhadap risiko nilai tukar. Sedangkan posisi kepemilikan investor asing dalam SBN tercatat sebesar Rp952 triliun.

“Angka ini sudah naik dari posisi terendah Rp917 triliun, namun masih belum kembali melampaui posisi pre-COVID Rp1.090 triliun,” papar Budi. (SKO)

Tags:
Bahana TCWDonald TrumpHeadlineinvestasi asingJoe BiddenPasar modalpemilu ASPilpres ASPT Bahana TCW Investment ManagementSUNsurat utang negara
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: