Trik Temandagang.id Atasi Lonjakan Pembeli Jelang Lebaran

Tren berbelanja menjelang lebaran tahun 2020 ini masih tinggi, meski di tengah pandemi corona. Kali ini masyarakat cenderung memilih berbelanja online, oleh karena itu Temandagang.id memiliki solusi bagi para pedagang dalam mengatasi lonjakan pembelian online.

Pengelola website Temandagang.id Hardianto Indra menyebutkan berdasarkan hasil survei Marketing Research Indonesia terdapat sebanyak 61% masyarakat yang memiliki alokasi dana lebih tinggi untuk dibelanjakan di momen Ramadhan dan Idul Fitri.

“Hanya saja cara berbelanja yang sedikit berbeda. Banyak yang berbelanja online karena adanya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sehingga mengharuskan masyarakat untuk di rumah aja, belanja pun dari rumah,” katanya di Jakarta, Jumat, 22 Mei 2020.

Adanya perubahan pola berbelanja masyarakat, kata Indra, membuat pedagang beralih dari berdagang secara offline menjadi pedagang online. Perubahan tersebut menurut Indra membuat beberapa pedagang yang tidak terbiasa mengalami kesulitan dalam proses jual-beli.

“Apalagi saat menghadapi lonjakan pembeli menjelang Idul Fitri ini,” kata Indra.

Untuk itu, Indra mengajak pedagang untuk bersama-sama belajar mengatasi kesulitan berdagang di masa pandemi ini dengan cara mengakses laman Temandagang.id. Indra mengatakan ada banyak informasi, tips, dan cerita sukses berdagang yang dapat menjadi acuan dan motivasi pedagang berjualan.

Banyak Tips Menarik untuk Pedagang

Salah satu tips menarik dari Temandagang.id adalah mengenai cara ampuh mengatasi lonjakan pembeli menjelang lebaran.

Pertama, menambah jumlah stok barang dagangan. Pasalnya, stok barang merupakan faktor penentu keberhasilan dari mengatasi banyaknya order di bulan Ramadhan. Sebab, pedagang harus memenuhi kebutuhan pelanggan akan informasi ketersediaan barang (supply) secara langsung atau paling tidak, berkala dan berkesinambungan.

Kedua, Temandagang.id mengajak pedagang untuk mulai menghitung permintaan pasar. Seni menghitung peluang dan mengambil hipotesis dari pergolakan permintaan membutuhkan sumber dari berbagai data di masa lampau terkait penjualan di tahun sebelumnya dan menggunakan data tersebut sebagai referensi melakukan pengumpulan barang yang efisien.

Mengutip dari laman Temandagang.id, metode atur inventori toko online di bulan Ramadhan ini sangat penting untuk menjaga konsisten berjualan melalui toko online, karena berpengaruh signifikan pada angka penjualan dan meminimalisir kerugian akibat stok barang mati tidak terjual atau mengalami kerusakan.

Tips ketiga adalah menambah biaya iklan. Saat Ramadhan dan menjelang Lebaran, jumlah pesaing juga sudah pasti meningkat. Agar dapat memenangkan persaingan, persiapkan paket promo dan diskon yang menarik yang bisa membuat pelanggan tidak berpikir dua kali untuk beli di toko Anda.

Untuk dapat melihat tips-tips tersebut atau tips berdagang lainnya secara lengkap dapat mengakses laman Temandagang.id. Situs ini memiliki beberapa fitur penunjang usaha antara lain Cerita Terkini, Cerita Peluang Usaha, Cerita Teknologi, dan Cerita Sukses. Dengan mengakses temandagang.id, semua bisa berbagi, bercerita, dan berdiskusi tentang seluk beluk dunia usaha.

Tags:
Belanja Onlinesolusi dagangTemandagang.idumkm
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: