Trik Berbelanja di Supermarket Agar Anda Jadi Makin Hemat

05 November 2021 04:15 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Trik Berbelanja di Supermarket Agar Anda Jadi Makin Hemat (Freepik.com/pch.vector)

JAKARTA - Anda pasti sudah mengetahui bahwa saat berbelanja di supermarket, Anda justru menghabiskan uang lebih banyak. Hal ini mungkin karena Anda terkena distraksi dan terbawa suasana sehingga memasukkan barang belanjaan lebih banyak di keranjang belanja Anda.

Jika hal ini dibiarkan, maka pengeluaran Anda mungkin menjadi tidak terkontrol dan keuangan Anda menjadi kacau. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa trik berikut ini.

1. Buat Rencana Belanja

Ada manfaat penting dari membuat rencana belanja, yaitu agar Anda fokus hanya membeli apa yang ada pada daftar belanja Anda. Selain itu, sebaiknya sebelum berbelanja, Anda perlu untuk memeriksa stok makanan di kulkas atau perlengkapan lain yang biasanya perlu dibeli saat belanja bulanan.

2. Belanja Sendirian

Saat Anda belanja bersama-sama dengan keluarga seperti anak-anak, teman atau orang lain, biasanya Anda akan terbujuk untuk membeli barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Lakukan sendiri dan tetap membeli apa yang Anda tahu Anda butuhkan tanpa tekanan dari orang lain.

3. Ketahui Penempatan Barang

Seperti yang sudah menjadi rahasia umum, biasanya barang-barang yang harganya lebih mahal ditempatkan sejajar dengan garis mata Anda. Jika Anda mencari barang sejenis yang lebih murah, cobalah untuk mencari barang yang berada di atas atau di bawah rak yang sejajar dengan mata Anda. Hal ini karena biasanya barang tersebut harganya lebih murah.

4. Lewati Lorong Makanan yang Sudah Matang

Biasanya di supermarket dijual beberapa makanan yang sudah jadi atau sudah matang seperti salad buah, rujak, dan sebagainya. Saat Anda melihat produk tersebut di supermarket, biasanya tampilannya akan semakin menarik dan tidak mengherankan jika Anda tertarik untuk membelinya. Namun, jika Anda ingin menghemat lebih banyak uang, sebaiknya Anda tidak membeli produk tersebut dan pilihlah untuk membeli buah utuh dan buat salad sendiri di rumah.

5. Cari Buah yang Belum Matang

Biasanya banyak orang yang suka mencari dan meraba-raba produk buah di supermarket untuk mencari buah yang paling matang. Hal itu tampaknya tidak ada salahnya. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda membeli buah yang kurang matang saja agar Anda terhindar dari membuang makanan karena buah tersebut sudah atau cepat membusuk.

Berita Terkait