Tren Istilah Ekonomi: Apa Itu Inflasi?

13 Mei 2022 20:40 WIB

Penulis: Desi Kurnia Damayanti

Editor: Rizky C. Septania

Ilustrasi uang rupiah di bank (Brankas foto Trenasia)

JAKARTA – Terdapat berbagai macam istilah dalam dunia ekonomi. Salah satunya yakni inflasi. Meski istilah ini sering terdengar di telinga kita. Namun, tahu kah Anda arti dari inflasi?

Menurut Bank Indonesia (BI), inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

Dilansir dari situs resmi BI, Perhitungan inflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

Di Indonesia, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) dibagi menjadi dua kelompok yakni inflasi inti dan non inti. Inflasi inti merupakan komponen inflasi yang cenderung menetap atau persisten (persistent component) di dalam pergerakan ​inflasi dan dipengaruhi oleh faktor fundamental. Sedangkan inflasi non inti merupakan komponen inflasi yang cenderung tinggi dari harga perdagangan dari waktu ke waktu. Hal ini dipengaruhi karena adanya factor selain dari fundamental.

Target atau sasaran inflasi merupakan tingkat inflasi yang harus dicapai oleh Bank Indonesia, berkoordinasi dengan Pemerintah. Penetapan sasaran inflasi berdasarkan Undang-Undang (UU) mengenai Bank Indonesia dilakukan oleh Pemerintah. 

Berita Terkait