Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Venture Capital?

22 September 2022 22:32 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Venture Capital? (Freepik.com/rawpixel.com)

JAKARTA - Istilah bisnis venture capital tentu sudah sering Anda lihat di media sosial, artikel, atau percakapan sehari-hari. Venture capital atau modal ventura merupakan suatu bentuk ekuitas swasta dan jenis pembiayaan yang diberikan oleh investor kepada perusahaan startup atau usaha kecil yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. 

Venture capital biasanya berasal dari investor yang kaya, bank investasi, dan lembaga keuangan lainnya. Meski begitu, pembiayaan atau modal yang diberikan tidak selalu dalam bentuk uang. Modal yang diberikan bisa dalam bentuk keahlian teknis atau manajerial.

Venture capital biasanya dialokasikan pada perusahaan kecil yang diketahui memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa atau perusahaan yang sudah tumbuh dengan cepat dan dinilai siap untuk terus berkembang.

Seperti yang dilansir dari laman Investopedia, meskipun pemberian modal ini berisiko bagi investor, potensi return yang di atas rata-rata merupakan hal yang sering menarik bagi investor. 

Perusahaan atau startup yang masih beroperasi di bawah dua tahun, modal ventura atau venture capital kerap menjadi sumber pendanaan yang populer bahkan penting untuk mendapatkan uang terutama jika perusahaan tersebut kekurangan akses untuk ke pasar modal, pinjaman bank, atau instrumen utang lainnya.

Venture capital sangat bermanfaat bagi startup karena menyediakan dana untuk bisnis baru serta startup mendapatkan layanan pendampingan untuk membantu membangun perusahaan mereka dan menyediakan layanan jaringan yang baik. 

Meski begitu, kelemahannya adalah bisnis yang menerima dukungan venture capital dapat kehilangan kontrol kreatif atas tujuannya. Investor pada umumnya cenderung menuntut perusahaan untuk mendapat hasil yang cepat dan return yang tinggi.

Berita Terkait