Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Brand Awareness

05 Agustus 2022 18:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Ananda Astri Dianka

Tren Istilah Bisnis: Apa Itu Brand Awareness (Freepik.com/rawpixel.com)

JAKARTA - Istilah brand awareness tentu sudah sering Anda dengar. 

Brand awareness sendiri merupakan suatu istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk beserta brand atau namanya. 

Strategi brand awareness merupakan langkah kunci untuk mempromosikan produk baru atau justru untuk menghidupkan kembali brand lama. 

Suatu produk dan layanan yang dapat dan selalu mempertahankan tingkat brand awareness yang tinggi cenderung menghasilkan penjualan yang lebih banyak. Konsumen juga cenderung lebih memilih membeli produk yang merek atau brand-nya sudah dikenal daripada yang belum dikenal.

Seperti yang dilansir dari laman Investopedia, hal ini juga dilakukan oleh merek minuman soda seperti Coca Cola dan Pepsi. Kedua merek tersebut mengandalkan strategi brand awareness untuk membuat brand mereka tetap dikenal dan dijangkau oleh konsumen.

Selama bertahun-tahun, kedua perusahaan tersebut juga telah menerapkan strategi periklanan dan pemasaran. Sehingga dapat meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen, dan secara langsung dapat meningkatkan penjualan. 

Brand awareness yang tinggi untuk merek dominan dalam suatu kategori juga dapat digunakan untuk mencegah pesaing mendapatkan pangsa pasar tambahan.

Saat ini, banyak industri yang memilih membangun brand awareness melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya. Hal ini karena pengguna internet semakin meningkat. 

Selain itu, masih ada juga konsumen yang memilih membaca koran dan majalah meski media cetak saat ini tidak lagi sekuat dulu. Iklan merek tertentu juga sekarang masih ada yang ditempatkan secara strategis seperti di beberapa lokasi yang ditargetkan di bagian surat kabar.

Berita Terkait