Tren Gowes: Presiden Jokowi dan Sepeda Buatan RI, Berapa harganya?

17 Agustus 2020 06:06 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Presiden Joko Widodo saat menaiki sepeda Polygon. / Setneg.go.id

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengunggah sebuah foto dirinya sambil menaiki sebuah sepeda berwarna merah lengkap dengan atribut bersepeda. Jokowi mengaku memiliki berbagai macam sepeda buatan Indonesia seperti Kreuz, Polygon, dan Element.

“Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran,” ujar Jokowi di akun Instagram @Jokowi miliknya, Sabtu 15 Agustus 2020.

Melalui laman resmi Kementerian Sekretariat Negara diketahui bahwa momen itu merupakan saat-saat presiden memanfaatkan waktu libur akhir pekannya. Presiden memilih untuk bersepeda di area Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor.

“Presiden tampak mengenakan jaket olahraga warna merah, lengkap dengan masker, dan helm sepeda. Ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan sejumlah Paspampres, Presiden mulai mengayuh sepedanya menuju Kebun Raya Bogor sekitar pukul 09.05 WIB,” tulis Humas Kemensetneg.

Di sepanjang jalan, masyarakat yang sedang berolahraga tampak menyapa Kepala Negara. Presiden pun membalas dengan melambaikan tangan ke arah mereka. Selain itu, Jokowi juga berhenti beberapa kali untuk memberikan masker kepada masyarakat.

“Presiden pun mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan, antara lain dengan memakai masker dan menjaga jarak. Setelah bersepeda selama kurang lebih 30 menit di sekitar Kebun Raya Bogor, Presiden kembali ke Istana Bogor sekitar pukul 09.36 WIB,” demikian seperti dilansir Setneg.go.id.

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo mengunggah foto sebuah sepeda buatan Indonesia. / Instagram @Jokowi

Sepeda Jokowi

Kreuz

Sepeda satu ini cukup menarik perhatian karena modelnya yang menyerupai sepeda lipat Brompton. Dari segi harga, Kreuz memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Saking diminatinya, daftar inden pemesanan Kreuz hingga Februari 2022. Kepopuleran Kreuz kian meningkat setelah Presiden Jokowi turut memesan sepeda ini.

Sepeda ini murni produk dalam negeri. Nama Kreuz diambil dari bahasa Sunda, di mana tempat sepeda ini diproduksi. Kata Kreuz atau kareueus berarti Kebanggaan. Sementara banyak yang menganggap itu singkatan dari Kreasi Orang Sunda.

Harga sepeda lipat Kreuz satu set frame ditaksir Rp3,5 juta. Sementara untuk versi full bike, peminat dalam membelinya dengan mahar sekitar Rp8 juta-an.

Element

Tidak kalah menarik, sepeda satu ini juga mencuri perhatian warga. Sepeda lipat yang dipakai Presiden Jokowi satu ini adalah seri FoldX X-Lite Edisi Spesial HUT RI ke-75.

Sepeda ini merupakan hasil kolaborasi Element dengan salah satu brand fashion milik mantan VJ MTV Daniel Mananta, yaitu Damn! I Love Indonesia. Untuk versi satu ini, dijual dengan harga Rp10,6 juta.

Tampak di frame sepeda terdapat wajah dua Proklamator Indonesia, Soekarno-Hatta. Selain itu, ada juga teks Proklamasi dalam bahasa Inggris yang tertera di sisi sepeda.

Element diproduksi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Harganya pun cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan Brompton, yakni sekitar Rp2 juta sampai Rp10 juta-an.

Polygon

Berbeda dari kedua sepeda yang dipakai Presiden Jokowi, sepeda satu ini adalah mountain bike atau sepeda gunung. Nama Polygon juga sudah tidak asing bagi warga Indonesia. Pasalnya merk satu ini sudah ada di Tanah Air semenjak tahun 80-an.

Pada tahun 2000, Polygon mulai melakukan ekspansi pabrik dan investasi ke alat berteknologi tinggi standar internasional. Sampai saat ini, produsen sepeda ini telah di distribuksikan ke 500 outlet yang tersebar di 33 negara. (SKO)

Berita Terkait