Transformasi Digital, Bank Banten Bidik Kerja Sama dengan Anak Usaha Amazon

14 Agustus 2021 15:06 WIB

Penulis: Muhamad Arfan Septiawan

Editor: Sukirno

Bank Banten/ redaksi24

JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS) angkat suara soal kabar kerja sama strategis bersama perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), yakni Amazon. Di tengah upaya transformasi digital, BEKS menyatakan memang tengah mencari partner potensial yang bisa mendukung target tersebut.

Corporate Secretary BEKS David Aryanto Dwi Saputro mengatakan perseroan tengah menjajaki potensi kerja sama dengan anak usaha Amazon, yakni Amazon Web Service (AWS). Dengan kerja sama ini, BEKS juga mengumumkan bakal banting setir menjadi bank digital.

“Bank Banten berencana melakukan transformasi digital di mana layanan yang diberikan kepada nasabah akan berbasis pada layanan digital,” ujar David dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Sabtu, 14 Agustus 2021.

Sebelumnya, BEKS telah lebih dulu memperkuat aspek permodalan sebelum resmi mengumumkan menjadi bank digital. melaporkan peningkatan signifikan atas ekuitas alias modal sebesar 147,77% menjadi Rp1,36 triliun dari posisi 2019 Rp549,53 miliar.

Penambahan ekuitas tersebut berkat penguatan permodalan oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui PT Banten Global Development dalam Aksi Korporasi Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI sebesar Rp1,55 triliun pada Mei 2021.

Meski begitu, BEKS tampaknya masih harus menggenjot aspek permodalan pada tahun ini. Pasalnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mewajibkan perbankan memiliki modal inti Rp2 triliun pada tahun ini.

“Diharapkan dengan adanya transformasi digital yang dilakukan oleh Bank Banten dapat kian mempermudah nasabah serta masyarakat pada umumnya dalam melakukan transaksi sehingga dengan demikian akan semakin menumbuhkan kepercayaan nasabah, masyarakat dan juga para stakeholder terhadap Bank Banten,” kata David.

Transformasi digital Bank Banten ini ikut mendorong pergerakan harga saham perseroan di bursa. Dalam sebulan terakhir, saham BEKS telah menguat 19,1%. Bahkan, pertumbuhannya telah menyentuh 27,7% bila ditinjau dalam tiga bulan terakhir.

Berita Terkait