Transaksi UMKM Saat Promo 9.9 Shopee Naik 6 Kali Lipat, Ini 3 Produk Paling Laris

12 September 2021 12:15 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Ridwan Kamil dan Christin Djuarto mengunjungi salah satu pelaku UMKM asal Jabar / Dok. Shopee Indonesia (Shopee Indonesia)

JAKARTA – Situs e-commerce  Shopee mencatat jumlah pesanan produk Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat enam kali lipat selama kampanye 9.9 Super Shopping Day.

“Di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung, kami senang terhadap tingginya antusiasme pelanggan pada 9.9 Super Shopping Day tahun ini,” ungkap Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu, 12 September 2021.

Menurutnya, hal ini menandakan awal yang kuat untuk musim belanja akhir tahun. Tercatat, 45 juta produk terjual dalam 99 menit pertama secara regional.

Pada 9.9 Super Shopping Day, kategori yang paling banyak dibeli adalah kecantikan. Hal ini menunjukkan potensi yang kuat dari tren produk kecantikan lokal. Adapun produk yang paling banyak dibeli adalah toner wajah, masker rambut, hingga sunblock.

Kedua, perlengkapan rumah menjadi kategori yang mencatatkan permintaan yang tinggi. Produk yang paling banyak dibeli pada kategori ini adalah wajan, kotak penyimpanan sepatu, dan alat make up.

Kategori ketiga terbanyak adalah makanan dan minuman. Handhika bilang pengguna memiliki antusiasme yang tinggi, khususnya terhadap produk UMKM yakni makanan instan tradisional. Tercatat baso aci, mie goreng, dan cimol yang dikemas secara instan menjadi produk yang populer.

Dalam tiga minggu menjelang 9 September, Shopee juga mencatat fakta unik dari kebiasaan pengguna, seperti 24 juta jam dihabiskan untuk menonton Shopee Live secara regional.

Tayangan tersebut mencakup pengumuman Joe Taslim menjadi Brand Ambassador Shopee Indonesia serta penampilan Secret Number dan TWICE dalam kemeriahan TV Show Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Selain itu, 1,5 juta produk flash sale dan 60 juta voucer diklaim pada hari puncak kampanye 9.9 secara regional.

Menariknya, pengguna di Indonesia juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain Shopee Games favorit, salah satunya Shopee Tanam yang dimainkan sebanyak 650 juta kali.

Terakhir, Shopee juga mencatat peningkatan enam kali lipat jumlah merchant offline yang menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran.

“Shopee berupaya mengambil bagian dalam perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal. Kami berharap, hal ini dapat menciptakan peluang baru baik bagi penjual maupun pembeli atau penggunanya,” ujar Handhika.

Berita Terkait