Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet, Contraflow Diberlakukan

JAKARTA – Petugas melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contraflow atau arus lawan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan contraflow diberlakukan menyusul terjadinya kepadatan arus balik Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, Minggu, 2 Agustus 2020.

“Arus lalu lintas cukup padat, sehingga dilakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta,” kata dia dalam siaran pers, Minggu, 2 Agustus 2020.

Dia mengatakan, kepadatan arus terjadi pada titik pertemuan arus Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta. Selain itu juga terjadi di titik menuju rest area atau tempat istirahat.

Atas hal tersebut, rekayasa arus lawan (contraflow) diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, mulai dari kilometer 65 sampai klometer 47. Tujuannya ialah untuk mengurai kepadatan yang terjadi di sejumlah titik sekitar Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Menurut dia, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak kepolisian. Untuk mendukung kelancaran arus lawan, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk., memprediksi puncak arus balik libur Iduladha 1441 H terjadi pada Minggu malam hingga Senin, 3 Agustus dini hari.

Lonjakan arus balik libur Iduladha 1441 H berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi. (SKO)

Tags:
arus lalu lintascontraflowidul adhajalan tolJalan Tol Jakarta-CikampekmacetPT Jasa Marga (Persero) TbkRekayasa lalu lintas
%d blogger menyukai ini: