Tokopedia Gandeng Fuse dan Simas Insurtech Ekspansi Bisnis Asuransi

28 September 2021 11:15 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Laila Ramdhini

Nampak seorang pelanggan tengah melakukan transaksi melalui aplikasi Tokopedia dengan promo pengantaran dari aplikasi Gosend, PT Gojek Indonesia dan PT Tokopedia dikabarkan tengah mencari kesepakatan untuk melakukan merger. (Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA - Tokopedia bertujuan memperluas mitra kerja untuk melayani pelanggan setelah melakukan diversifikasi produknya. Baru saja, perusahaan teknologi dengan marketplace terkemuka di Indonesia ini menggandeng Fuse dan Simas Insutech untuk melayani kebutuhan asuransi bagi masyarakat.

Head of Investment and Insurance Tokopedia Marissa Dewi mengatakan kemitraan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar lagi bagi pengguna Tokopedia dan memberikan manfaat asuransi yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

"Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi dengan marketplace terkemuka di Indonesia, selalu percaya bahwa kolaborasi dengan mitra yang berpikiran sama, termasuk Fuse dan Simas Insurtech, dapat membantu mempermudah kehidupan masyarakat," katanya dalam keterangan pers yang diterima TrenAsia.com, Senin, 27 September 2021.

Dia mengungkapkan website e-commerce nomor satu di Indonesia ini akan terus melakukan kemitraan strategis untuk memperluas jangkauan inovasi produknya.

"Dengan menggandeng mitra strategis, Tokopedia akan terus menambah inovasi digital dan memperluas akses ke Produk Asuransi Tokopedia untuk membantu lebih banyak orang mendukung kebutuhan sehari-hari mereka," ungkapnya.

Co-Founder dan COO Fuse Ivan Sunandar menambahkan pihaknya sangat senang bisa bermitra dengan salah satu pemain terdepan industri e-commerce nasional tersebut.

"Kami sangat senang menjadi mitra Insurtech yang dipilih oleh Tokopedia untuk mendukung semua produk asuransi Umum, dengan dukungan penuh dari perusahaan asuransi Simas Insurtech. Visi kami untuk menjadikan asuransi terjangkau bagi semua orang menjadi selangkah lebih dekat melalui kemitraan strategis ini," katanya.

Fuse muncul sebagai pemimpin pasar Insurtech di kawasan Asia Tenggara. Dengan penutupan pendanaan putaran Seri B baru-baru ini, Fuse terus memperluas pangsa pasarnya di pasar Indonesia sambil secara agresif melakukan ekspansi ke negara-negara lain di kawasan ini.

Fuse, yang didirikan pada 2017, juga telah menunjukkan kemampuan untuk memanfaatkan produk asuransi baru dan inovatif dari negara lain untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang khas.

Menurut OJK, penetrasi asuransi di Indonesia sekitar 3,11% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada Juni 2021. Hal ini membuka peluang besar bagi Insurtech untuk menjawab tantangan melalui kemajuan teknologi.

Dengan kemitraan strategis ini, Fuse akan memanfaatkan pengalaman pengetahuannya dari negara lain dan akan bekerja sama dengan Tokopedia. Kolaborasi keduanya akan menawarkan produk baru yang inovatif dan terjangkau, serta menerapkan taktik dan strategi baru untuk membantu jutaan pelanggannya memahami pentingnya dan manfaat asuransi untuk kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, CEO Simas Insurtech Teguh Aria Djana mengatakan pihaknya sangat percaya pada pengalaman Fuse memimpin pasar teknologi asuransi di Indonesia.

Sebagai pemain insurtech terkemuka di Indonesia, Fuse memiliki proposisi nilai unik yang memberdayakan saluran penjualan tradisional dengan menghubungkan banyak perusahaan asuransi yang tersebar dengan jaringan agen yang besar dan komprehensif.

"Ini adalah kemitraan yang menarik bagi kita semua. Dengan dukungan dasar dari platform teknologi seluler bersertifikat Fuse ISO, kami akan bekerja sama dengan Fuse untuk mengoptimalkan dan mempersingkat siklus pembuatan produk asuransi baru, untuk memanfaatkan kecerdasan pasar Fuse guna menciptakan kesesuaian pasar yang lebih baik untuk produk," katanya.

Berita Terkait