Toko Naked Inc, Inisiatif Belanja Dengan Konsep Bebas Sampah Plastik

09 September 2021 17:57 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Pelanggan melihat produk yang dijual di toko Naked Inc yang ramah lingkungan dengan konsep belanja bebas plastik di kawasan Kemang Timur, Jakarta, Kamis, 9 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Pemerintah segera menerapkan cukai kantong plastik untuk menekan produksi sampah. Kebijakan ramah lingkungan ini perlahan mendapat sambutan dari publik dan dunia usaha. Di Jakarta terdapat toko yang menawarkan budaya belanja tanpa sampah plastik. Toko ini bernama Naked Inc, yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Gerai seluas 5x10 meter itu layaknya toko kelontong yang menjual ratusan produk keperluan sehari-hari. Mulai dari beras, minyak goreng, sabun, deterjen sampai produk yang tengah digemari seperti menstrual cup. Bedanya, aneka produk itu dijual tanpa kemasan.

Toko yang berdiri sejak April 2019 lalu dengan mengusung konsep bebas sampah. Tiap produk dipajang dalam stoples kaca bening, ditata dalam rak-rak berbahan kayu. Konsumen bisa membawa wadah sendiri untuk menampung produk yang dibeli.

Sementara itu cukai kemasan dan wadah plastik akan diterapkan pada tahun 2022. Alasan cukai ini diterapkan karena sampah berkontribusi terhadap total sampah secara nasional. Penerapan cukai kemasan dan wadah plastik juga karena rendahnya kepedulian masyarakat pada sampah plastik yang mencemari lingkungan, dan penguraian sampah plastik oleh alam memerlukan waktu yang sangat lama. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait