Toba Surimi Industries (CRAB) Resmi Melantai di Bursa, Sahamnya Meroket Menembus ARA

10 Agustus 2022 13:31 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Toba Surimi (CRAB) Resmi Melantai di Bursa, Sahamnya Meroket Langsung Tembus ARA/ Foto: (Ismail Pohan/TrenAsia) (trenasia.com)

JAKARTA - Emiten cosumer non cyclicals PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

CRAB menjadi perusahaan tercatat ke-42 tahun ini di BEI dan sahamnya langsung menyentuh auto reject atas (ARA).

Dipantau dari RTI Business, Kamis, 10 Agustus 2022, saham Toba Surimi melesat 34,67% atau 52 poin ke level Rp202 per saham dari harga perdananya sebesar Rp150.

Saham CRAB yang menyentuh ARA menunjukkan harga saham yang tidak bisa lagi mengalami kenaikan karena harga telah menyentuh batasan maksimum kenaikan harga dalam kurun waktu satu hari perdagangan di bursa.

Selanjutnya, CRAB mengeluarkan sebanyak 3.900.000 lembar saham baru atau sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dari penerbitan saham baru tersebut, perseroan akan mengantongi dana segar sekitar Rp58,5 miliar.

Dari dana yang terkumpul, sekitar 94,35% akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan sekitar 5,65% akan digunakan untuk belanja modal lima unit kapal laut untuk penampakan bahan baku utama dengan indikasi nilai pembelian sekitar Rp3,1 miliar. 

Untuk diketahui, perseroan memproduksi makanan laut dengan dua jenis berbeda yakni makanan laut kalengan dan makanan laut beku dengan dua pabrik yang letaknya berada di Sumatra Utara. 

Berita Terkait