Tips Perencanaan Keuangan yang Harus Dilakukan Mahasiswa

20 Agustus 2021 18:02 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Tips Perencanaan Keuangan yang Harus Dilakukan oleh Mahasiswa (Pexels.com/Keira Burton)

JAKARTA - Pada umumnya seorang mahasiswa tinggal jauh dari orangtuanya. Oleh karena itu, penting bagi mereka mengetahui bagaimana cara hidup mandiri, termasuk bagaimana mengelola dan merencanakan keuangan.

Perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting diketahui dan dilakukan oleh para mahasiswa, karena selain jauh dari orangtua, biasanya mahasiswa langsung mendapatkan uang bulanan sekaligus, yang sudah termasuk biaya kost, makan, dan memenuhi kebutuhan perkuliahan. 

Tidak jarang, saat awal bulan banyak mahasiswa yang hang out bersama teman-teman, tanpa mengetahui budget maksimal yang harus dikeluarkan dalam acara tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan banyak mahasiswa yang kekurangan uang saat akhir bulan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui dan memiliki rencana keuangan. Berikut tips yang bisa dilakukan.

1. Buat Anggaran

Anggaran merupakan suatu rencana bagaimana Anda akan membelanjakan uang Anda setiap bulan. Buatlah daftar pengeluaran tetap Anda, seperti sewa rumah atau kost, uang sekolah, buku, utilitas, dan makanan. Selanjutnya, buatlah daftar pengeluaran Anda seperti pakaian dan hiburan.

Tambahkan pengeluaran tetap dan pengeluaran yang lain. Kemudian, kurangi penghasilan Anda (uang saku dan pendapatan dari bekerja atau penghasilan sampingan) dengan jumlah pengeluaran Anda, untuk membuat anggaran dasar.

2. Belajarlah untuk Hidup Sesuai Kemampuan

Dengan membuat anggaran, hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang Anda belanjakan, sehingga Anda bisa menghindari utang untuk mempertahankan gaya hidup. Sebagai seorang mahasiswa, biasanya Anda akan tergoda untuk membeli barang elektronik mahal, hangout bersama teman-teman, dan makan di luar beberapa kali seminggu. Anda bisa menghindari hal tersebut agar keuangan Anda makin terjamin.

Selain itu, pastikan untuk memenuhi kewajiban Anda terlebih dahulu, sebelum membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak penting.

3. Hindari Akumulasi Utang

Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian, gunakanlah hanya untuk membayar sesuatu, di mana Anda mampu melunasinya setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari biaya bunga.

4. Mempersiapkan Masa Depan

Saat Anda memikirkan soal pengeluaran, penting juga untuk memperhatikan penghematan. Menabung dana darurat sejak awal bukan merupakan hal yang salah. Hal ini bisa menyelamatkan Anda, jika suatu ketika Anda memiliki pengeluaran tak terduga, atau tidak memiliki pekerjaan saat lulus kuliah.

Jangan terjebak dalam pemikiran bahwa Anda hanya bisa menunggu sampai Anda lulus dan mendapatkan pekerjaan impian Anda sebelum serius dengan keuangan Anda. Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana dan waktu adalah aset terbesar Anda dalam hal menabung.

Berita Terkait