Tips Merencanakan Anggaran Keuangan untuk Bulan Madu

03 September 2021 22:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Tips Merencanakan Anggaran Keuangan untuk Bulan Madu (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Apakah Anda baru saja bertunangan dengan calon pasangan Anda? Jika ya, sekarang saatnya untuk mulai menganggarkan keuangan untuk bulan madu Anda. 

Ya, sebagian besar pengantin yang baru saja menikah akan melakukan bulan madu. Namun, jika ongkos bulan madu justru membuat Anda khawatir dan takut untuk menikah, sebaiknya Anda mulai menganggarkannya mulai dari sekarang.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Cek Biaya Akomodasi

Akomodasi hotel, dan biaya tiket pesawat atau transportasi merupakan dua pengeluaran terbesar yang sering dikeluarkan banyak orang saat merencanakan bulan madu. Selain itu, Anda juga perlu untuk memeriksa biaya transportasi seperti ojek online, taksi, dan kereta api.

Anda juga perlu memeriksa semua pengeluaran Anda sebelum melakukan bulan madu, seperti biaya untuk perawatan diri misalnya manikur, pedikur, waxing, bahkan untuk membeli beberapa pakaian baru. Jika Anda berencana melakukan bulan madu di luar negeri, pertimbangkan juga biaya untuk pembuatan paspor dan perbedaan nilai tukar uang. Anda mungkin juga akan menghabiskan uang sedikit lebih banyak untuk membeli tiket pesawat. Jangan lupa juga mengenai pajak pertambahan nilai (PPN) saat Anda belanja selama di luar negeri.

Buat Anggaran

Seperti halnya tujuan keuangan lainnya, sebaiknya Anda juga membuat anggaran untuk melakukan bulan madu. Pertimbangkan biaya seperti penerbangan, hotel, atau akomodasi sewaan, tur dan makanan. Anda juga perlu mempertimbangkan pengeluaran ekstra seperti souvenir untuk keluarga Anda.

Seperti halnya anggaran apa pun, putuskan apa yang paling penting bagi Anda dan jadikan itu prioritas. Jika Anda lebih suka terbang daripada mengemudi, tempatkan itu di bagian atas daftar pengeluaran Anda. Jika Anda lebih suka makan di luar saat liburan, itu akan menjadi pengeluaran yang lebih besar untuk Anda.

Jika sudah mengetahui prioritas Anda, Anda bisa berburu voucher atau diskon khusus untuk memesan hotel, tiket alat transportasi. Anda juga bisa bulan madu di luar musim liburan agar harganya lebih murah dan bisa refund jika terpaksa Anda batalkan.

Ingatlah anggaran pernikahan Anda saat menetapkan anggaran bulan madu. Dengan begitu, Anda tidak akan terkejut dengan tagihan bulan madu yang besar di hari-hari menjelang pernikahan ketika kemungkinan besar Anda sudah kekurangan uang.

Kumpulkan Ekstra Uang

Berpegang teguh pada anggaran bulanan Anda dan mengalokasikan uang ekstra ke akun bulan madu Anda adalah cara yang bagus untuk memulai. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan sementara, seperti menjadi driver ojek online atau bekerja di penitipan hewan peliharaan, untuk membantu membayar bulan madu Anda.

Anda juga bisa mendapat uang lebih untuk bulan madu dengan memotong biaya pernikahan. Jadi, budget pesta pernikahan nanti harus Anda sesuaikan dengan budget yang sudah dipotong dengan bulan madu tersebut.

Berita Terkait