Tips Menghemat dan Mengelola Uang untuk Menyiapkan Masa Pensiun

02 Agustus 2021 10:25 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Tips Menghemat dan Mengelola Uang untuk Menyiapkan Masa Pensiun

JAKARTA - Hal yang tidak perlu Anda lakukan saat masih muda dan produktif adalah belanja secara impulsif dan terus menerus menghabiskan uang untuk kebutuhan yang tidak diperlukan. Jika Anda serius ingin menabung untuk masa pensiun, usia 20-an adalah waktu terbaik untuk melakukannya.

Selain itu, ada hal yang perlu Anda lakukan setelah Anda mulai menghasilkan uang pada usia 20-an tahun. Begitu Anda memperhitungkan inflasi yang terjadi pada saat pensiun, Anda akan segera mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda miliki untuk menikmati masa pensiun dengan damai.

Berikut cara menabung dan menghemat uang untuk mempersiapkan masa pensiun.

1. Mulai dengan Jumlah yang Sedikit Lebih Awal
Banyak nasihat yang kerap kita dengar, seperti menabung setidaknya 20% dari penghasilan kita. Hal tersebut ternyata perlu Anda lakukan dengan disiplin.

Selain itu, ketika Anda secara bertahap mulai menghasilkan lebih banyak uang dan memiliki kelonggaran pendapatan surplus, mulailah membuat keputusan yang cerdas dengan membuka rekening yang merupakan bagian dari rencana tabungan pensiun Anda.

Selain itu, penting untuk memasukkan pensiun sebagai bagian dari tujuan tabungan jangka panjang Anda. Seperti Anda akan menabung untuk mobil atau rumah pertama Anda.

2. Pikirkan Tentang Inflasi
Sebelum Anda mulai menabung untuk masa pensiun, hitung berapa banyak yang Anda perlukan untuk menjalani gaya hidup yang Anda miliki saat ini. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai inflasi, sehingga Anda mengetahui berapa banyak yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan masa pensiun.

3. Buat Dana Tabungan Pensiun Terpisah

Ketika Anda memulai mempersiapkan masa pensiun, Anda juga melihat tujuan keuangan lainnya, seperti menabung untuk membeli rumah, dana pendidikan anak-anak, dan sebagainya.

Oleh karena itu, lebih baik pisahkan tabungan dana pensiun dengan dana yang digunakan untuk hal-hal lain. Pastikan tabungan pensiun tersebut juga tidak Anda ambil sebelum Anda benar-benar pensiun.

Berita Terkait