Tips Mengatur Pola Tidur Saat Puasa Agar Kesehatan Terjaga

April 19, 2021, 08:26 PM UTC

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi pria sedang lelah, lesu dan lemas saat bekerja/freepik.com/wayhomestudio

JAKARTA – Saat memasuki bulan Ramadan, tentu kesibukan Anda jadi makin bertambah. Selain melaksanakan ibadah puasa seharian penuh, setelah berbuka puasa Anda juga sibuk melaksanakan ibadah salat tarawih, tadarus dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatur pola tidur yang tepat saat bulan Ramadan ini agar kesehatan tetap terjaga.

Tidak Tidur Seharian
Tidur terlalu lama seperti tidur seharian penuh akan mengganggu kesehatan tubuhmu. Tidur terlalu lama dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

Selain itu, tidur terlalu sering apalagi saat puasa juga dapat memicu obesitas, diabetes dan depresi.

Hindari Minum Kopi
Setelah makan malam, sebaiknya Anda harus menghindari godaan untuk minum kopi. Hal ini karena jika Anda tetap meminum kopi, hal itu bisa menyebabkan tidur yang buruk.

Kafein dalam kopi berfungsi sebagai stimulan dan mampu meningkatkan kewaspadaan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gangguan tidur dan insomnia.

Kafein juga dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat tubuh Anda merasa lebih lelah. Kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

Hindari Menggunakan Ponsel di Tempat Tidur
Cahaya yang memancar dari ponsel dapat mengakibatkan ritme sirkadian tubuh terpengaruh yang akhirnya menyebabkan peningkatan produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, ketika pikiranmu tertuju pada ponsel, hal itu mengakibatkan merangsang aktivitas otak, yang juga menghalangi tidur nyenyak.

Gangguan tidur, stres dan gejala depresi, dikaitkan dengan penggunaan ponsel yang tinggi.