Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19 untuk Anak Muda

April 07, 2021, 09:00 AM UTC

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi mengelola keuangan. / Id.pinterest.com

Jakarta – Pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu hingga sekarang.

Pandemi COVID-19 ini tentu memberikan pukulan banyak pihak. Untuk pemilik usaha, banyak yang menderita kerugian karena keuntungan yang didapat menurun. Sedangkan bagi pihak pekerja atau karyawan, banyak yang mengalami pengurangan gaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

Apalagi sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia, sedikit lowongan kerja yang tersedia. Hal ini tentu membuat keadaan menjadi semakin sulit untuk karyawan yang baru saja diputus kontrak oleh perusahaannya.

Serangan ketidakpastian dan ketakutan ini tentu sangat mengkhawatirkan dan membuat stres. Apalagi jika Anda tidak melakukan persiapan dengan matang, contohnya seperti keuangan yang mencukupi.

Oleh karena itu, simak tips mengatur keuangan yang cocok diterapkan saat pandemi COVID-19 sekaligus bisa diterapkan oleh anak muda.

Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi COVID-19

  1. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Saat masih memiliki pekerjaan, tentu kita sangat menyukai aktivitas seperti scrolling Instagram dan window shopping melalui aplikasi e-commerce. Tak mengherankan, kadang kita tergiur untuk membeli suatu barang karena memiliki penampilan yang sangat menarik saat dipajang di media sosial dan e-commerce.

Jika uang kita terbatas, hal seperti di atas tak bisa dilakukan terus menerus. Anda harus mengetahui apa saja yang Anda butuhkan dan apa saja yang hanya keinginan.

  1. Batasi Pengeluaran

Cara paling sederhana yang membuat Anda jadi memiliki cukup uang pada saat tak terduga seperti pandemi COVID-19 ini adalah dengan secara konsisten membatasi pengeluaran dan disipilin menabung.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membeli barang, sebaiknya ditulis dahulu, lalu buatlah skala prioritas. Mana barang yang sangat penting untuk dibeli, dan mana saja yang hanya keinginan sesaat.

Anda juga bisa berhemat dengan menghindari makan di luar, mencuci mobil atau motor sendiri, dan membatasi aktivitas belanja online.

  1. Buat Rencana Keuangan

Kekuatan finansial selama masa sulit seperti pandemi COVID-19, membutuhkan komitmen kuat pada rencana keuangan. Caranya, Anda harus mengetahui berapa penghasilan dan pengeluaran Anda selama sebulan.

Anda akan mengetahui seberapa banyak uang yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan pokok, dan kategori yang lain. Anda juga bisa menentukan berapa banyak uang yang bisa Anda simpan untuk mewujudkan keinginan Anda.

  1. Manfaatkan Sumber Daya yang Sudah Tersedia

Sumber daya untuk melakukan riset perencanaan keuangan kini sangat banyak dan mudah ditemukan melalui internet. Anda bisa belajar dari mereka atau berkonsultasi kepada ahli keuangan jika perlu.

Melalui internet, Anda juga bisa mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan yang kamu dapatkan. Hal ini bisa bertujuan agar target tabunganmu segera terwujud.

Dampak pandemi COVID-19 ini tidak akan hilang dalam sekejap. Jika Anda dapat mengikuti tips ini, maka Anda dapat menikmati hidup dan fokus pada hal-hal yang penting dan bisa meraih tujuan Anda.